get app
inews
Aa Read Next : Mendag: Kita Syukuri Harga Bahan Pokok Sekarang Turun

Kementerian Perdagangan Akan Segera Memasarkan Minyak Goreng Curah dalam Kemasan Sederhana

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:05 WIB
header img
Minyak goreng curah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSoloraya.idMinyak goreng curah dalam kemasan sederhana siap dipasarkan, minyak tersebut akan dijual sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter.  

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan, minyak goreng curah dalam kemasan sederhana kemungkinan akan diproduksi pada pekan depan. Saat ini, kata dia, masih dalam tahapan proses perizinan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Pak Oke (Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan) sedang menyiapkan minyak goreng curah kemasan sederhana. Sekarang lagi diurus izinya. Kalau hari Kamis jadi (izinnya), mungkin Senin nanti sudah bisa diproduksi," kata dia saat melakukan kunjungan di kawasan Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022). 

Minyak goreng curah dalam kemasan sederhana tersebut bakal diberi nama Minyakita. Dengan menjadi minyak goreng curah kemasan sederhana, diharapkan bisa menembus ritel modern, sehingga masyarakat bisa semakin mundah mendapatkannya. 

Mendag juga memastikan tidak ada kenaikan harga minyak goreng curah dengan kemasan sederhana nantinya, meski ada penambahan biaya produksi, yaitu untuk mengemasnya. "Harganya sama, nanti ditulis depannya Rp14.000 per liter, mereknya Minyakita. Kalau kemasan bisa masuk ke market besar. Kalau sudah kemasan itu pasarnya akan lebih luas," ujarnya. 

Terkait ongkos produksi, menurut bakal ditanggung oleh produsen minyak goreng curah. Sehingga distribusi minyak goreng curah tidak lagi menggunakan dirigen, namun sudah dikemas. 

"Ini sama dengan program MGCR (Minyak Goreng Curah Rakyat), yang beda hanya pada kemasannya, (biaya) ditanggung produsen, jadi tidak naik lagi," ucap Mendag Zulhas.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut