get app
inews
Aa Read Next : Sukoharjo Menuju Kota Bebas Sampah

Tujuh Produk Unggulan Dipamerkan dalam Kunjungan Duta Besar Peserta G20

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:30 WIB
header img
Delegasi kedutaan besar tiga negara peserta G20 saat melihat produk UMKM di Kabupaten Sukoharjo, Jumat (24/6/2022). Foto: Ist.

SUKOHARJO, iNewsSoloraya.id - Delegasi duta besar tiga negara peserta G20 mengunjungi Pemkab Sukoharjo pada Jumat (24/6/2022). Ketiga Duta besar (Dubes) tersebut berasal dari  Mozambik, Nigeria dan India diterima Bupati di Pendopo Graha Satya Praja, Setda Sukoharjo.  

Rombogan duta besar negara peserta G20, mendapat berbagai suguhan tari dan karawitan. Bahkan para delegasi juga diajak menyaksikan langsung pertunjukkan gamelan dan karawitan secara langsung.  

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyampaikan apresiasinya karena wilayahnya menjadi salah satu daerah yang masuk agenda kunjungan Forum G20. Hal ini juga menjadi momentum mengangkat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif unggulan daerah dalam pasar global. 

"Forum ini menjadi platform multilateral strategis dalam perekonomian dunia. Juga menjadi momentum usaha kecil menengah di Sukoharjo dipamerkan secara internasional," kata Etik Suryani. 

Bupati mengatakan, ada tujuh produk unggulan yang dijadwalkan dalam kunjungan para duta besar peserta G20, yakni Batik Ndayani Sukoharjo, Pasar Jamu Nguter, Desa Teknologi Jangglengan Nguter, Desa Wisata Gamelan Wirun Mojolaban, Desa Wisata Gitar Ngrombo Baki, Desa Pertanian Majasto Tawangsari dan Omah Tiwul Desa Ngreco Weru. 

Tidak terbatas pada ekonomi kreatif, industri besar juga dikutsertakan hadir dalam kunjungan ini, di antaranya industri garmen Sritex dan industri obat dan makanan Konimex. 

"Pemerintah daerah secara khusus bersama dengan pelaku pariwisata dan ekonomi swasta turut mendukung kegiatan G20 dengan menggelar pameran Sukoharjo Makmur Festival di The Park Mall Solobaru, Grogol sepanjang pekan ini," katanya.

Pihaknya berharap, melalui rangkaian kegiatan pameran dan kujungan ke pusat-pusat ekonomi kreatif, produk unggulan Sukoharjo juga dapat ikut terangkat dan menarik investor dari luar negeri.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut