Logo Network
Network

Tips Memilih Panci Anti Lengket yang Baik dan Aman Untuk Digunakan

Arlunanin Pudyaasih
.
Senin, 25 Juli 2022 | 13:04 WIB
Tips Memilih Panci Anti Lengket yang Baik dan Aman Untuk Digunakan
Ilustrasi Panci. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id – Kesehatan dapat dijaga dengan cara mengetahui kualitas pangan yang kita butuhkan, tidak hanya dari segi bahan pangannya namun juga keamanan alat yang digunakan saat mengolah bahan pangan. Salah satu alat yang penting dalam pengolahan pangan yakni panci anti lengket

Panci anti lengket yang banyak digunakan oleh masyarakat kebanyakan yakni Frying Pan, yang mana biasa digunakan untuk menggoreng, memanggang atau hanya sekedar menumis.

Frying Pan memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari diameter 18 cm hingga yang terbesar sekitar 30 cm. Sehingga bila bahan pangan yang akan diolah berukuran besar, tidak perlu resah dan khawatir atau bahkan bingung saat akan menggunakan panci anti lengket.

Namun tidak hanya ukuran yang perlu diperhatikan dengan teliti, sebelum membeli panci anti lengket pun sangat diperlukan untuk mengetahui bahan pembuatan yang ada pada panci. 

Bila salah pilih panci pun dapat mengakibatkan kesehatan keluarga dapat terganggu meski efeknya tidak langsung bereaksi dan terasa dalam jangka waktu yang lama. 

Agar tidak terjadi kesalahan yang nantinya mengganggu kesehatan keluarga, berikut beberapa tips memilih panci anti lengket yang yang baik dan aman sebelum digunakan, diantaranya:

- Tidak mudah berkarat

Bila panci sudah berkarat dan lengekt saat digunakan, segeralah untuk mebuangnya dan diganti dengan panci anti lengket yang baru. Karat yang menempel pada panci saat digunakan dapat merusak organ dalam tubuh keluarga anda. 

Karat yang menempel pada frying pan dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti: muntaber, demam tinggi, dan gangguan pada pernapasan seperti sesak nafas. 

Solusi tepat agar dapat menghindari panci anti lengket yang berkarat yakni dengan menggunakan panci penggorengan yang berbahan alumunium atau stainless steel. 

- Menghindari panci yang mengandung mikroba

Panci berbahan tembaga dan kaca dapat meminimalisir keberadaan mikroba yang mana berkembang biak dengan cepat bila panci memiliki pori yang besar. 

Panci berbahan dasar tembaga dan kaca juga dikenal baik berkat konduktor yang sangat baik dan mengakibatkan bahan pangan lebih cepat untuk matang dengan sempurna. 

Panci berbahan kaca merupakan panci yang tidak memiliki pori dan penghantar panas yang sangat baik, sehingga panci kaca pun dapat dimasukkan kedalam oven atau microwave atau masuk kedalam lemari pendingin. Maka panci berbahan kaca juga tidak hanya digunakan sebagai alat memasak, tetapi dapat dijadikan piring saji. 

- Gagang panci yang kuat

Tips terakhir yakni saat memilih panci anti lengket yang akan dibeli, sangat perlu memilih dengan seksama terhadap keseluruhan yang ada pada panci, terutama gagang panci. 

Banyak dijumpai Panci sudah berbahan baik dan bagus namun memiliki gagang yang rapuh dan bahaya bila mana digunakan saat menggoreng dengan minyak yang panas, karena tangan dapat menjadi memerah bahkan melepuh dan meninggalkan bekas luka pada tangan. 

Gagang panci yang berkualitas dapat dilihat melalui kekokohannya saat dipegang, tidak berukuran terlalu kecil, dan juga tidak dapat menyalurkan panas. 

Itulah beberapa tips saat memilih panci berkualitas yang mana baik dan tentunya aman saat digunakan memasak, demi memenuhi kebutuhan pangan yang sehat. Maka jangan lupa untuk selalu bijak dalam memilih dan membeli alat masak. Semoga hari anda menyenangkan!

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Bagikan Artikel Ini