Logo Network
Network

Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Lebih Tahan Lama

Arlunanin Pudyaasih
.
Rabu, 27 Juli 2022 | 14:29 WIB
Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Lebih Tahan Lama
Bumbu Rempah. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.idIndonesia dikenal memiliki segudang kekayaan, tidak hanya pulau dan alam yang indah, negeri yang dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa ini dianugerahi kuliner yang sangat lezat berkat bumbu yang berlimpah ruah.  

Bumbu yang menjadi kunci kelezatan kuliner Indonesia yakni berkat kandungan alami yang dapat menjaga kestabilan tubuh serta dapat menghindari dari berbagai virus dan penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan pada tubuh manusia. 

Bumbu dapur yang diketahui berasal dari rempah-rempah berbahan alami diketahui sangat mudah membusuk dan tentunya akan menjadi sia-sia. 

Berikut cara penyimpanan bumbu dapur anda agar lebih awet atau tahan lama, diantaranya:

- Simpan pada tempat yang kering

Bumbu dapur sangat sensitif terhadap lembab, maka sbisa mungkin simpan empon-empon anda pada tempat yang kering namun juga tidak membuatnya mengering. 
Namun, bila anda sudah mengupas empon-empon seperti kunyit dan jahe disarankan anda langsung memasukkannya kedalam lemari pendingin atau kulkas. 

- Hindari Bumbu dari Kompor

Panas yang ditumbulkan dari kompor terkadang dapat membuat bumbu atau rempah-rempah masakan dapat menimbulkan efek tekstur yang keras, kasar, dan mengurangi kandungan air yang terdapat rempah-rempah. 

- Cuci Bumbu sebelum disimpan

Kunyit, Jahe, Kencur, dan lengkuas merupakan jenis bumbu yang perlu dicuci sebelum disimpan dan digunakan. Setelah bumbu sudah bersih, keringkan sebentar dan simpan pada wadah kedap udara. 

- Daun-daun disimpan dalam bentuk utuh

selain empon-empon yang perlu dikupas, ada juga yang berbentuk daun yakni daun salam, daun jeruk, daun kunyit. 

Daun-daunan tersebut juga memiliki aroma yang kuat dan membuat masakan lebih lezat, cara penyimpanannya pun cenderung mudah yakni dalam disimpan kedalam pendingin lemari es dalam keadaan utuh, karena bila daun dipisahkan pada tulang daun, maka saat digunakan tidak mengeluarkan aroma yang sangat tajam dan menjadikan dapat mengurangi gairah makan. 

Semoga dengan beberapa cara mudah tersebut dapat bermanfaat dan tentunya dapat mengatasi kekhawatiran anda bila mana empon-empon atau bumbu dapur cepat membusuk ataupun mengering.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Bagikan Artikel Ini