get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Tetap Gelar Nonton Bareng Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia

9 Alternatif Obat Batuk Kering Alami untuk Ibu Menyusui

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:01 WIB
header img
Ilustrasi menyusui.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Seorang ibu pasti akan menjaga setiap asupan makanan dan minuman. Apalagi saat sedang batuk kering, ibu menyusui tidak boleh mengonsumsi obat-obatan sembarangan. Tak perlu khawatir, ada lho obat batuk kering alami untuk ibu menyusui. 

Memasuki musim pancaroba perlu menjaga kesehatan tubuh. Sebab banyak penyakit yang menyerang, mulai dari batuk, flu hingga pusing. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja termasuk ibu menyusui. 

Misalnya saat menderita batuk kering, membuat ibu menyusui tidak nyaman. Harus diperhatikan ada beberapa obat dilarang dikonsumsi ibu menyusui karena dapat berpengaruh pada kondisi ibu dan juga ASI-nya. 

Namun ada alternatif lain obat batuk yang aman dikonsumsi ibu menyusui karena menggunakan bahan-bahan alami. 

Berikut obat batuk kering alami untuk ibu menyusui, seperti dikutip pada Kamis (11/8/2022). 

1. Lemon dan madu

Rekomendasi obat batuk kering alami untuk ibu menyusui yang pertama adalah ramuan lemon dan madu. Kedua kandungan ini dapat membantu melegakan tenggorokan. Caranya campurkan dua sendok teh lemon dan dua sendok teh madu dengan secangkir air panas. Minum saat ramuan tersebut sudah hangat dan saat batuk menyerang. 


2. Air hangat

Selanjutnya Anda juga bisa mengonsumsi air putih hanya untuk meredakan batuk kering dan flu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan uap panas dari air itu untuk melegakan hidung yang tersumbat. 


3. Bawang putih

Bawang putih tak hanya digunakan untuk penyedap bahan makanan saja, tapi juga memiliki manfaat sebagai obat batuk untuk ibu menyusui. Di dalam bawang putih terdapat kandungan antioksidan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Bila Anda tak suka makan makan bawang putih mentah, bisa mencincang satu sampai dua siung bawang putih hingga halus lalu campurkan dengan satu gelas air hangat. Minum campuran air tersebut. 

4. Minyak kelapa

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan antivirus yang dapat memerangi virus dan bakteri pada asma, flu, infeksi paru-paru, campak, dan sinus. Anda bisa konsumsi satu sampai dua sendok minyak kelapa untuk mendapatkan manfaatnya. 


5. Cuka apel dan air jahe

Campuran cuka apel dan air jahe juga bisa jadi obat batuk kering alami untuk ibu hamil. Caranya campurkan dua sendok makan cuka apel dan satu sendok teh bubuk jahe ke dalam satu gelas air hangat. Minum ramuan itu dua kali sehari agar hasilnya maksimal. 


6. Lemon dan jahe

Anda juga bisa memanfaatkan campuran lemon dan jahe untuk mengatasi batuk kering pada ibu menyusui. Kedua kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan melegakan pernapasan. Caranya cukup campurkan air dan jahe kemudian masak hingga mendidih. Lalu tambahkan irisan jeruk lemon dan sedikit madu agar ada sensasi rasa manis. 

7. Teh chamomile

Teh chamomile bagus untuk mengatasi batuk kering. Teh ini dapat mengurangi iritasi dan nyeri tenggorokan saat batuk pilek. Penggunaannya bisa diminum atau dikumur. 


8. Air hangat dan madu

Madu memiliki banyak kandungan yang bagus untuk tubuh, salah satunya untuk batuk kering. Caranya campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat. Kemudian minum selagi hangat. 

9. Lemon, lada hitam dan garam

Obat batuk kering alami untuk ibu menyusui yang terakhir adalah ramuan lemon, lada hitam dan garam. Ramuan ini terbukti efektif mengatasi batuk kering terutama untuk ibu menyusui. Caranya campurkan semua bahan dengan satu gelas air hangat. Konsumsi saat pagi dan malam hari. 

Itulah deretan obat batuk kering alami untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat. 

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut