Logo Network
Network

Tips Belanja Online dengan Cara Cerdas dan Bijak, Anti Gagal dan Kecewa

Arlunanin Pudyaasih
.
Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:36 WIB
Tips Belanja Online dengan Cara Cerdas dan Bijak, Anti Gagal dan Kecewa
Ilustrasi online shop. foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id – Sebagian orang menganggap kegiatan berbelanja online atau online shopping merupakan kegiatan yang dapat menghilangkan stress yang menumpuk setelah melakukan aktivitas sehari-hari, saat melakukan kegiatan berbelanja online perlu ketelitian atau kejelian saat memilih barang yang akan dibeli, karena barang yang tidak sesuai keinginan merupakan faktor utama kekurangan belanja online hingga berujung membuat pembeli kecewa.

Berikut tips berbelanja online tanpa ragu dan gagal :

1. Pentingnya membaca syarat dan ketentuan Toko

Setiap toko yang tertera pada laman online shop tentunya mencantumkan beberapa syarat dan ketentuan toko, maka dengan begitu dapat diketahui karakteristik toko manakah yang dapat sesuai dengan keinginan konsumen.

Saat melakukan belanja dapat melihat bagimanakah keadaan kualitas barang yang dijual, atau dapat melihat harga yang ditawarkan yang mana menjadi perbandingan atau alternatif dengan toko lainnya.

2. Mengetahui reputasi toko

Reputasi toko dapat menjadikan patokan konsumen saat memilih barang yang akan dibeli. Semakin reputasi toko baik maka konsumen tidak merasakan kecewa, atau hal yang dapat merugikan lainnya.

Sistem keamanan transaksi dan kualitas produk dapat membantu toko untuk dapat reputasi positif dan melesat, kepercayaan konsumen merupakan kunci utama yang perlu dimiliki oleh setiap toko online yang ada.

3. Memastikan produk sesuai dengan gambar

 Hal yang dapat mengecewakan konsumen saat berbelanja online yakni produk yang tidak sesuai dengan gambar yang tertera dalam laman online shop.

Maka dari itu perlu ketelitian dan kejelian sebelum mengklik tanda belanja. Selain melihat reputasi toko melalui kolom komentar dan penilaian yang diberikan konsumen, melihat foto produk dengan seksama sangatlah diperlukan.

Pastikan menghindari produk yang tidak ada bentuk, warna, bahkan brand produk yang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.

Setelah mengikuti ketiga tips tersebut, semoga dapat menyadarkan kita untuk dapat menjadi konsumen yang cerdas dan bijak saat memilih barang yang akan dibeli tanpa pikir dua kali dan rasa kecewa.

Namun disisi lain juga jangan menjadikan kita untuk menjadi konsumen yang berlebihan atau konsumtif diluar kendali. Jadilah konsumen yang cerdas!

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Bagikan Artikel Ini