Berikut ini Daftar Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Faqihah Husnul Khatimah
.
Senin, 19 September 2022 | 14:50 WIB
Arus lalu lintas di dalam ruas tol KM 245 (Foto: Petra Akbar)

JAKARTA, iNewsSoloraya.id – Indonesia tengah giat membangun infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, salah satunya jalan tol

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terdapat 67 jalan tol yang beroperasi di Jabodetabek, Trans Jawa, Non Trans Jawa, Trans Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Kalimantan. 

Melihat data jalan tol tersebut, ada yang memiliki panjang ratusan ribu kilometer dan bahkan sudah mencatatkan namanya di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia. 

Berikut ini daftar jalan Tol Terpanjang di Indonesia

1. Tangerang – Merak (73 km)

Jalan Tol Tangerang - Merak sepanjang 73 KM melewati wilayah Tangerang, Serang, dan Cilegon. Jalan Tol Tangerang - Merak dibangun untuk menghubungkan Tangerang Barat sampai Pelabuhan Merak di Utara Jawa. Jalan tol ini juga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Anyer, Kawasan Kesultanan, Kawasan Wisata Sawarna, dan Danau Biru Cigaru dan Tebing Koja. Pengerjaannya dilakukan oleh PT. Marga Mandalasakti dan diresmikan pertama kali pada Juli 1992.

2. Semarang – Batang (75 km)

Jalan tol ini menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Batang. Jalan Tol Semarang – Batang memiliki panjang 75 KM. Perusahaan yang mengelola pengerjaan jalan tol ini yakni PT Jasamarga Semarang Batang. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Semarang – Batang di Jembatan Kalikuto pada tanggal 20 Desember 2018.

3. Jakarta – Cikampek (83 km)
Jalan Tol Jakarta – Cikampek diresmikan pertama kali pada 21 September 1988 oleh Presiden Soeharto. Jalan Tol Jakarta – Cikampek termasuk ruas jalan tol terpadat di Tol Trans Jawa. Pengerjaannya diusahakan oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Jalan sepanjang 83 KM ini menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

4. Ngawi – Kertosono (87,05 km)

Jalan Tol Ngawi – Kertosono termasuk salah satu jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 87,05 KM. Pembangunan jalan tol ini menghabiskan dana sebesar 3,83 triliun. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri menjadi perusahaan yang menggarap jalan tol ini. Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ngawi – Kertosono di Madiun pada 29 Maret 2018.

5. Solo – Ngawi (90,12 km)

Jalan Tol Solo – Ngawi termasuk bagian Tol Trans Jawa. Jalan Tol Solo – Ngawi memiliki panjang 90,12 KM yang menghubungkan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Ngawi. Proyek pengerjaannya diambil oleh PT Jasamarga Solo Ngawi dan telah diresmikan pada Juli 2018.

6. Balikpapan – Samarinda (97,27 km)

Jalan Tol Balikpapan – Samarinda merupakan jalan tol pertama yang dibangun di Pulau Kalimantan dan akan menyambung ke jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Panjang jalan ini mencapai 97,27 KM. Pengerjaannya diusahakan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda dan telah diresmikan pada Desember 2019.

7. Cikampek – Palimanan (116,75 km)
Jalan Tol Terpanjang di Indonesia selanjunya berada di Pulau Jawa. Jalan Tol Cikampek – Palimanan (Cipali) masuk peringkat keempat jalan tol terpanjang di Indonesia. 

Jalan tol sepanjang 116,75 Km ini melewati Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Penggarapannya dilakukan oleh PT Lintas Marga Sedaya dan diresmikan pada Juni 2015.

Melalui Jalan Tol Cikampek – Palimanan, arus kepadatan mudik yang biasa dialami oleh jalur Pantura bisa diminimalisir. 

Selain itu, adanya jalan tol ini juga diharapkan meningkatkan efisiensi transportasi usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

8. Pekanbaru – Dumai (131,69 km)

Masih termasuk Tol Trans Sumatera, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai memiliki panjang 131,69 Km. Jalan tol ini memiliki enam simpang susun, yakni Minas, Kandis Selatan, Kandis Utara, Duri Selatan, Duri Utara, dan Duri.

Presiden Joko Widodo meresmikan secara virtual pada September 2020 dan berharap jalan tol ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau. Menariknya, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai memiliki lima buah terowongan untuk perlintasan hewan, yaitu gajah dan beruang.

9. Bakauheni – Terbanggi Besar (140,41 km)

Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar menjadi bagian Tol Trans Sumatera dan menempati peringkat kedua ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol sepanjang 140,41 Km ini memiliki sembilan simpang susun, yaitu Bakauheni, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kotabaru, Natar, Metro, Gunung Sugi, dan Terbanggi Besar. Pengerjaannya dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) dan diresmikan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Januari 2018.

10. Terbanggi Besar -  Pematang Panggang – Kayu Agung

Jalan tol ini menduduki peringkat pertama dengan panjang 189,4 Km. Jalan tol ini termasuk dalam lintas Tol Trans Sumatera yang digarap PT Hutama Karya (Persero). Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung mencatatkan diri sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia dan telah diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Presiden Joko Widodo meresmikannya di depan Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240 pada 15 November 2019. Sementara itu, jalan tol ini sudah beroperasi terhitung tanggal 14 November 2019.

Nah, itu dia daftar jalan tol terpanjang di Indonesia. Apakah Anda pernah melewati salah satunya?

Editor : zainal arifin
Bagikan Artikel Ini