get app
inews
Aa Read Next : Jawa Tengah Inginkan Bambang Pacul Maju Pilgub Jateng

Inilah Daerah Penghasil Kacang Mete Terbaik Seenak Almond di Indonesia

Rabu, 01 Februari 2023 | 06:50 WIB
header img
Kacang almond yang di sini dapat digantikan dengan kacang mete (Foto: iNews.id/Pixabay).

Wonogiri, iNewsSoloraya.id - Dengan luas 1.793,70 KM2, membuat Kabupaten Wonogiri merupakan daerah terluas keempat di Provinsi Jawa Tengah. Meski memiliki wilayah luas, namun kepadatan penduduknya tidaklah padat.

Menurut data Badan Pusat Statistik 2021 memiliki jumlah penduduk 1.049.292 jiwa, sehingga kepadatan penduduk wilayah tersebut 584 jiwa per KM2.

Kabupaten Wonogiri terbagi dalam 25 kecamatan yakni Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo, Batuwarno, Tirtomoyo, Nguntoronadi, Baturetno, Eromoko, Wuryantoro, dan Manyaran.

Kemudian ada Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Ngadirojo, Sidoharjo, Jatiroto, Kismantoro, dan Purwantoro.

Ada juga Kecamatan Bulukerto, Slogohimo, Jatisrono, Jatipurno, Girimarto, Karangtengah, Paranggupito, dan Puhpelem.

Dari 25 kecamatan itu, Puhpelem merupakan kecamatan termuda di Kabupaten Wonogiri. Puhpelem merupakan pemekaran Kecamatan Bulukerto pada tahun 2002.

Wilayah terluas di Wonogiri adalah Kecamatan Pracimantoro, yang menurut data BPS 2021 memiliki luas 142,14 KM2 atau hampir tiga kali lipat dari luas Kota Pekalongan.

Daerah terluas kedua ditempati oleh Kecamatan Eromoko dengan 120,36 KM2 atau hampir tiga kali dari luas Kota Tegal.

Posisi ketiga dengan wilayah terluas di Wonogiri ditempati Kecamatan Giriwoyo dengan 100,6 KM2 atau dua kali dari luas wilayah Kota Surakarta.

Sedangkan wilayah terkecil adalah Kecamatan Puhpelem dengan luas wilayah 31,62 KM2 atau dua kali dari luas Kota Magelang.

Kabupaten Wonogiri sejak dulu terkenal sebagai penghasil mete, setidaknya ada lima kecamatan penghasil mete terbanyak di Wonogiri secara berturut-turut, yaitu Kecamatan Jatiroto dengan total produksi 2.053 ton/tahun, Ngadirojo dengan total produksi 3.491 ton/tahun, Sidoharjo dengan total produksi 2.403 ton/tahun, dan Jatisrono dengan total produksi 1.967 ton/tahun.

Selain mete daerah ini juga memiliki komoditas andalan lainnya seperti padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan ubi kayu. Menurut data BPS produksi beras Kabupaten Wonogiri pada 2020 mencapai 198.977 ton.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut