get app
inews
Aa Read Next : Lawan Dewa United, Quarter Empat SWS Maksimalkan Pemain Muda untuk Tambah Pengalaman

Jangan Sepelekan Sarapan Setiap Hari, Bisa Mencegah Obesitas

Rabu, 01 Maret 2023 | 14:05 WIB
header img
Ilustrasi Makan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsSoloraya.idMakan pagi atau sarapan yang dilakukan rutin ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya bagi penderita penyakit berbahaya seperti kanker.  

Pola makan di pagi hari yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi risiko kanker. 

dr. Cindiawaty Pudjiadi seorang Spesialis Gizi Klinik menjelaskan sarapan merupakan waktu makan paling penting, tentunya dengan Menu sarapan juga harus memiliki gizi yang seimbang. 

"Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, orang yang melewatkan makan paling penting pada hari itu lebih cenderung kelebihan berat badan atau obesitas daripada mereka yang sarapan," dikutip dari NFCR, Minggu (26/2/2023).  

Diketahui sarapan yang baik, terdiri dari karbohidrat yang bisa didapatkan dari nasi, roti, umbi-umbian, lemak baik, misalnya menggunakan margarin untuk menumis, menggoreng atau dioleskan ke roti, protein nabati dan hewani (tempe, telur, ayam, ikan, daging), serta sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin.

Kandungan Omega 3 & 6 juga diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan sel saraf otak dan kualitas jantung.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Hardinsyah, mengatakan Pekan Sarapan Nasional mengingatkan orang tua dan semua orang akan pentingnya sarapan. Tentunya, menu sarapan harus bergizi seimbang dan sehat, sebagai sumber gizi dalam memulai hari.  

Berikut ini pilihan sarapan yang bisa dibuat dengan mudah dan begizi tinggi: 

1. Telur orak-arik brokoli Melansir dari self menu sarapan ini menjadi salah satu pilihan untuk melawan kanker. 

Dengan menyiapkan 2 butir telur dikocok dengan 1 sdt air, 1 sdt Parmesan parut, garam dan merica. Kemudian, masukan dalam wajan, yang sudah dipanaskan margarin sehat. Lalu ditumis 1/4 cangkir irisan bawang merah dan 1/4 sdt thyme kering (daun mint) selama 3 menit. Tambahkan 1/2 cangkir brokoli cincang dan tumis selama 2 menit. Tambahkan telur, aduk sampai matang, dan sajikan dengan 1 iris roti gandum. 

2. Salad buah segar  

Makanan tinggi vitamin C dapat membantu mencegah kanker kerongkongan. Cukup mulai dengan buah-buahan pelawan kanker favorit Anda seperti jeruk, beri, dan anggur, pastikan semuanya sudah matang, dan potong.

3. Oatmeal buah 

Sarapan dengan oatmeal buah segar cukup bermanfaat. Oat, seperti semua biji-bijian utuh, mengandung vitamin, mineral, fitokimia, dan serat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan biji-bijian menurunkan risiko kanker kolorektal dan serat larut yang ditemukan dalam oatmeal juga dapat membantu menurunkan kolesterol darah. 

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut