get app
inews
Aa Read Next : Jawa Tengah Inginkan Bambang Pacul Maju Pilgub Jateng

Sastrawan Nasional Beno Siang Pamungkas Luncurkan Buku Ketiganya PANEN

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:49 WIB
header img
Beno Siang Pamungkas meluncurkan buku antologi puisi ketiganya yang berjudul "PANEN" pada hari Jumat, 17 Maret. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Beno Siang Pamungkas meluncurkan buku antologi puisi ketiganya yang berjudul "PANEN" pada hari Jumat, 17 Maret.

Sebagai seorang sastrawan nasional, Beno mengungkapkan bahwa buku PANEN ini merupakan kisah hidupnya yang telah disusun selama 21 tahun. 

Beno juga menekankan pentingnya memperhatikan hakekat kebudayaan melalui bukunya ini.

Menurutnya, meskipun banyak percetakan dan penerbitan buku yang telah ditutup pada zaman digital ini, ia memilih untuk menerbitkan bukunya dengan keberanian. 

"Saya memilih menerbitkan buku di tengah-tengah zaman digital. Bagi saya, kebudayaan itu akan berjaya jika kita tidak melupakan hakekat budaya itu sendiri," tambah Beno.

Buku "Panen" terdiri dari 73 puisi yang ditulis oleh Beno Siang Pamungkas sejak tahun 1992 hingga yang terbaru pada tanggal 15 Januari 2023, saat cucu pertamanya lahir.

Pada acara peluncuran buku "Panen", Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, membacakan sebuah puisi dan memberikan apresiasi atas acara tersebut yang diadakan oleh Beno Siang Pamungkas dan Forum Wartawan Provinsi Jawa Tengah (FPWJT). 

"Aktivitas seperti ini tentunya sangat bermanfaat dan dapat menggeliatkan wisata di Kota Semarang. Selain itu, kegiatan ini tentunya diharapkan dapat mengaktifkan kembali kesenian di Kota Semarang," terang Kapolrestabes Semarang.


Beno Siang Pamungkas meluncurkan buku antologi puisi ketiganya yang berjudul "PANEN" pada hari Jumat, 17 Maret. Foto: ist

Sejumlah tokoh dan sastrawan seperti Sosiawan Leak, Timur Sinar Suprabana, Triyanto Triwikromo, Harjanto Halim, Donny Danardono, Imran Amirullah, Adin 'Hysteria,' Sriyanto Saputro, dan Masruhan Samsurie akan meramaikan acara La Tarsuari Vol. 2. 

Pertunjukan musik instrumental dari band Tridhatu dan penyair Achiar M Permana juga akan hadir dalam acara tersebut, serta pertunjukan model dari Bayu Romli.

Buku kumpulan puisi "Panen" merupakan buku puisi tunggal ketiga dari Beno Siang Pamungkas. Buku pertamanya, "Sajak Sampah Gerinda Baja," diterbitkan pada tahun 1993, sedangkan buku puisi keduanya, "Ensiklopedi Kesedihan," terbit pada tahun 2008.

Dalam kurun waktu 30 tahun, Beno Siang Pamungkas telah menerbitkan tiga buku puisi, dengan jeda waktu 15 tahun antara setiap buku. Buku "Panen" yang terbit pada tahun 2023 ini menjadi buku puisi terbarunya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut