get app
inews
Aa Read Next : Mbak Ita Ingatkan Pembagian Takjil di Semarang Agar Tak Ganggu Lalu Lintas

Mbak Ita Tekankan Pentingnya Peran Humas dalam Menciptakan Citra yang Baik di Mata Masyarakat

Selasa, 28 Maret 2023 | 21:48 WIB
header img
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menekankan pentingnya peran Humas dalam Pemerintah Daerah. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menekankan pentingnya peran Humas dalam Pemerintah Daerah.

Ia mengatakan bahwa Humas adalah garda terdepan dalam menciptakan citra pemerintah yang baik di mata masyarakat. Komunikasi yang baik dari Humas akan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

"Humas merupakan corong atau penghubung Pemerintah kota untuk disambungkan dengan masyarakat. Kalau cara komunikasinya, cara kehumasannya tidak bagus, pasti hal yang akan keluar ke masyarakat juga tidak bagus, walaupun programnya bagus tidak akan mendapat apresiasi dari masyarakat," terangnya.

Mbak Ita menyampaikan hal ini saat menghadiri GPR Dialogue bertema Membangun Komunikasi Publik yang Efektif untuk kesejahteraan masyarakat di Situation Room Balaikota, Selasa (28/3).

Ia mengingatkan bahwa peran Humas melampaui komunikasi verbal, dan harus mencakup media sosial. Humas harus mengakomodir informasi dari Pemerintah Kota Semarang mengenai program-program yang telah dan akan dilaksanakan.

"Peran Humas tidak hanya secara verbal tapi juga bisa secara gambar, video dan sebagainya. Dengan adanya Humas masyarakat akan tahu peran pemerintah sekarang ini, program-program yang sudah dan akan dilakukan. Ini semua harus tersampaikan karena Humas adalah garda terdepan di bagian komunikasi," pungkas nya.

Sementara itu, Asmono Wikan, Founder dan CEO Humas Indonesia, mengatakan kegiatan ini bersifat rutin dan berpindah-pindah lokasi setiap bulan untuk mengkaji peran humas di wilayah yang dikunjungi.

"Agenda ini adalah agenda yang sifatnya berkelanjutan, kami setiap bulan akan keliling ke satu kota ke kota lainnya. Sekali lagi untuk mengumpulkan sistem praktisi kehumasan serta mengkaji ulang peran humas di wilayah masing-masing," tutur Asmono.

Acara tersebut dihadiri oleh praktisi PR atau Humas dari berbagai instansi di Kota Semarang, seperti Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, BUMN, Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, media massa, dan komunitas PR.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut