get app
inews
Aa Read Next : Mbak Ita Ingatkan Pembagian Takjil di Semarang Agar Tak Ganggu Lalu Lintas

Ramaikan Pasar Johar, Wali Kota Semarang Ajak ASN Belanja untuk Mendorong Ekonomi Lokal

Sabtu, 15 April 2023 | 01:43 WIB
header img
Wali Kota Semarang Mengajak ASN Berbagi Kebahagiaan dengan Belanja di Pasar Johar. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang untuk berbelanja di pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Ia mengungkapkan hal ini bertujuan untuk mendorong perputaran ekonomi sekaligus meramaikan kembali Pasar Johar setelah renovasi selesai dilakukan. Pernyataan tersebut disampaikan saat kunjungannya ke Pasar Johar pada Jumat (14/4).

"Hari ini waktu-waktu yang sudah mendekati akhir bulan puasa. Kemudian juga untuk menyambut Idul Fitri, benar saya kemarin menyampaikan kepada teman-teman ASN yang sudah mendapatkan THR, sudah mendapatkan gaji untuk berbagi kebahagiaan, mayokke atau melarisi, membuat pedagang-pedagang ini juga ikut menikmati rezeki dari teman-teman semuanya," ungkap Mbak Ita, sapaan akrab wali kota Semarang.

Mbak Ita juga mengakui bahwa Pasar Johar masih sepi pengunjung meskipun renovasi telah selesai dilakukan. Salah satu hambatan yang ada adalah terbatasnya lahan sehingga mobil sulit masuk ke area pasar. 

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan upaya untuk mempromosikan dan menarik pengunjung kembali ke Pasar Johar.

"Untuk persiapan lebaran ayo bersama-sama ikut membantu melarisi pedagang-pedagang. Ini ada 2.000 ASN yang dibagi beberapa kloter. ASN juga bisa berbelanja di pasar-pasar tradisional se-Kota Semarang. Ini yang Balaikota karena dekat dengan Pasar Johar saya ajak ke sini. Saya harap gerakannya masif, masyarakat bisa berbelanja di pasar tradisional khususnya. Agar para pedagang merasakan nikmatnya berlebaran," tutur Mbak Ita.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Mbak Ita juga meresmikan Edufarm Park di kantor Kecamatan Ngaliyan. Peresmian tersebut juga dimeriahkan oleh gelaran Pak Rahman (Pasar Pangan Rakyat Murah dan Aman). 

Dalam kesempatan tersebut, Mbak Ita kembali menghimbau masyarakat untuk tetap giat melakukan urban farming sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan, meskipun pasar murah masih akan diadakan oleh jajarannya.

"Hari ini sangat luar biasa, satu waktu tetapi banyak kegiatan. Kegiatan Pak Rahman yang merupakan kegiatan rutin di seluruh kecamatan selama bulan Ramadan. Kemudian juga ada pemberian beras untuk Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Bulog. Ini akan diberikan kepada msyarakat yang kurang mampu. Totalnya sekitar 580.000 ton dan ini dibagi merata di 16 kecamatan," pungkas Mbak Ita.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut