get app
inews
Aa Read Next : Konsolidasi Muhammadiyah Jawa Tengah di UNIMUS, Fokus Pada Transformasi dan Inovasi

Rakerwil LSBO PWM Jateng, Meriahkan Seni, Budaya, dan Olahraga dengan Beasiswa dan Program Unggulan

Senin, 20 November 2023 | 16:52 WIB
header img
LSBO PWM Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang berlangsung meriah di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah. Foto: ist

Karanganyar, iNewsSoloraya.id – Lembaga Seni, Budaya, dan Olahraga (LSBO) PWM Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang berlangsung meriah di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (19/11/23). 

Para peserta Rakerwil dan tamu undangan, disambut dengan tari gambyong syar’i yang sangat memukau.  Serta  disemarakkan dengan penampilan berbagai kesenian tradisional, diiringi oleh musik gamelan. 

Pembukaan rakerwil tersebut semakin semarak dengan tampilnya seni bela diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Karanganyar, yang lincah dalam memainkan pertunjukan beladiri tangan kosong serta menggunakan alat. 

Gemuruh tepuk tangan tamu undangan dan peserta Rakerwil tak henti-hentinya, mengiri tiap pertunjukan berbagai kesenian tradisional tersebut. 

Terlihat Ketua Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) PP Muhammadiyah Dr. Gatot Sugiharto, SH, MH, Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Drs. H. Wahyudi, M.Pd, Sekretaris LSBO PWM Jateng, Pimpinan PDM Kabupaten Karanganyar yang menghadiri acara pembukaan Rakerwil berdecak kagum.

Secara spontan Dr. Gatot Sugihartno menawarkan kepada para generasi muda yang memainkan Tapak Suci dalam acara tersebut, beasiswa gratis 8 semester kuliah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. 


LSBO PWM Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang berlangsung meriah di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah. Foto: ist

Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Drs. H. Wahyudi, M.Pd., dalam sambutannya menyatakan, pementasan ini membuktikan bahwa Muhammadiyah kaya akan berbagai kesenian tradisional. 

“Rakerwil ini menjadi momentum penting dalam memperkuat koneksi antar LSBO dan PDM se-Jawa Tengah. Kita bersama-sama memiliki potensi besar untuk mengangkat dan memajukan seni, budaya, dan olahraga di kalangan warga Muhammadiyah” ujar Wahyudi yang juga Pembina LSBO PWM Jateng.

Sedangkan Ketua LSBO PWM Jawa Tengah, Rober Christanto, S.E., M.M., menegaskan tujuan dari Rakerwil ini, “Kami ingin mengonsolidasikan LSBO PDM se-Jawa Tengah, sekaligus menyampaikan program kerja dan action plan LSBO PWM Jawa Tengah untuk lima tahun ke depan.

” Rakerwil menjadi wadah untuk menyatukan visi dan misi dalam rangka memberikan kontribusi maksimal dalam bidang seni, budaya, dan olahraga” ujar Rober yang juga Bupati Karanganyar.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pelaksaan Rakerwil LSBO PWM Jateng yang diikuti oleh LSBO PDM se Jateng.

Dalam paparannya, Sekretaris LSBO Dr. Teguh Hadi Prayitno, M.M., M.Hum., M.H., menjelaskan beberapa program prioritas jangka pendek dan jangka panjang dalam mendukung perkembangan seni, budaya, dan olahraga Muhammadiyah di Jawa Tengah.

Rakor dan Kajian Rutin: Menyelenggarakan rapat koordinasi dan kajian secara berkala untuk terus meningkatkan pemahaman dan kualitas seni, budaya, dan olahraga Muhammadiyah.

Grup Musik Religi Profesional: Mendirikan grup musik religi yang profesional untuk menyebarkan pesan-pesan Islami melalui medium seni.

Pendataan Seniman Muhammadiyah: Melakukan pendataan terhadap seluruh seniman Muhammadiyah di Jawa Tengah sebagai langkah awal untuk menghimpun potensi dan mendukung mereka.

Kelompok Seni Unggulan di Setiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah: Merencanakan pembentukan kelompok seni unggulan di setiap Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Jawa Tengah untuk mendukung kegiatan seni lokal.

Turnamen Olahraga dan Seni: Mengadakan turnamen olahraga dan seni yang melibatkan kerja sama dengan Dikdasmen dan Ortom, sebagai upaya untuk mengajak warga Muhammadiyah dan masyarakat lebih aktif dalam kegiatan olahraga dan seni.

“Itu hanya sebagian program yang akan dijalankan dengan melibatkan LSBO PWM Jateng serta LSBO PDM. Tentu dalam Raker ini akan banyak gagasan lahir yang menjadi program-program lainnya” ujar Teguh. 
 

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut