get app
inews
Aa Read Next : Gempa di Turki, Partai PERINDO Jawa Tengah Serahkan Bantuan

Caleg Perindo Ungkap Tantangan Industri Tekstil dan Garmen di Tengah Kenaikan Harga Bahan Baku

Rabu, 03 Januari 2024 | 21:26 WIB
header img
Ernie Setiawati, Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Surakarta Dapil 2 dari Partai Perindo. Foto: ist

Jakarta, iNewsSoloraya.id - Ernie Setiawati, Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Surakarta Dapil 2 dari Partai Perindo, mengungkapkan tantangan serius yang dihadapi oleh industri tekstil dan garmen di Indonesia. 

Menurutnya, kenaikan harga bahan baku tanpa diimbangi kenaikan harga produk telah memberikan dampak negatif pada pertumbuhan sektor ini, terutama pasca-pandemi Covid-19.

Ernie Setiawati berbicara dalam siaran Podcast Aksi Nyata yang berjudul "Industri Tekstil dan Garmen Mulai Bangkit di Tahun Politik" di saluran YouTube Partai Perindo pada Senin, 20 November 2023. 

Ia menyebutkan bahwa resesi ekonomi global, faktor geopolitik Rusia-Ukraina, dan stagflasi menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakseimbangan antara harga bahan baku dan produk.

"Pertumbuhan industri tekstil dan garmen masih belum pulih secara maksimal karena kenaikan harga bahan baku tidak diimbangi dengan kenaikan harga produk," ujar Ernie.

Menurutnya, bea masuk tinggi sekitar 33% untuk bahan baku impor menjadi salah satu permasalahan utama. Ernie menjelaskan bahwa beberapa bahan baku, seperti kapas dan polyester fiber, tidak diproduksi di Indonesia dan harus diimpor. 

Biaya impor yang tinggi, ditambah dengan PPN 11% dan PPh 22 sebesar 2,5%, membuat beban ekonomi semakin berat bagi pelaku industri tekstil dan garmen.

Dalam menanggapi permasalahan tersebut, Ernie menyerukan perlunya regulasi dan kebijakan yang mendukung serta menyelamatkan sektor tekstil dan produk turunannya. 

Ia berharap Pemerintah dapat memberikan dukungan yang diperlukan agar industri ini dapat bertahan dan pulih dari keterpurukan.

"Supaya bisa survive, syukur-syukur bisa bangkit kembali," tutur Ernie.

Selain itu, Ernie Setiawati berkomitmen untuk mengusulkan kebijakan yang mendukung pertumbuhan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama di Dapilnya yang memiliki Kampung Batik. 

Ia berharap dapat meningkatkan dan menghidupkan kembali Kampung Batik sebagai kebanggaan lokal Indonesia.

"Membuat kebijakan yang bisa support perkembangan UMKM, khususnya di Dapil saya, karena di sana ada Kampung Batik yang perlu ditingkatkan lagi dan dibangkitkan sebagai kebanggaan lokal Indonesia," pungkas Ernie Setiawati.

Saat ini Ernie menjadi Caleg DPRD Kota Surakarta dari Perindo, yang rajin turun ke tengah-tengah masyarakat

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut