get app
inews
Aa Read Next : KAI Daop 4 Semarang Angkut 3 Juta Penumpang Selama Semester I Tahun 2024

DKV Unika Soegijapranata Persiapkan Mahasiswa Hadapi Tantangan Industri Kreatif Internasional

Jum'at, 28 Juni 2024 | 15:58 WIB
header img
Mahasiswa DKV Unika Soegijapranata Semarang berkesempatan belajar bersama dosen Hungkuang University (HKU) Taiwan, Jason Ho. Foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.id - Sejumlah mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika Soegijapranata Semarang berkesempatan belajar bersama dosen Hungkuang University (HKU) Taiwan, Jason Ho. Mereka berkumpul dalam Kuliah Umum Mata Kuliah Desain Produk yang diselenggarakan secara hybrid di Gedung Henricus Constant, Kampus 1 SCU Bendan pada Kamis 27 Juni 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Jason membagikan kiatnya memproduksi media untuk mempromosikan Intellectual Property (IP). Salah satunya melalui monetisasi Youtube. Program ini dihadirkan untuk content creator yang ingin mendapatkan penghasilan dari unggahan kontennya di kanal tersebut. 

IP sendiri merupakan produk atau karya hasil kreasi ciptaan pikiran manusia. Beberapa contoh IP di antaranya yaitu karya seni, sastra, simbol, desain, hingga karakter. 

“Jason memberikan insight tentang kiat caranya mengemas karakter IP menjadi media yang bisa mewakili suatu brand. Jadi karakter seperti apa yang lebih menjual, khususnya di pasar global,” jelas Ketua Program Studi DKV Unika, Louis Cahyo Kumolo Buntaran, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6). 

Hal tersebut menurut Louis bisa dicapai salah satunya dengan mengadaptasikan gaya komunikasi yang khas. Selain itu, gestur tubuh menurutnya juga menjadi aspek penting setelah karakter IP bisa dihidupkan melalui virtual character. 

“Dua minggu sebelumnya kami sudah bekali mereka untuk membuat virtual character. Kali ini tinggal bagaimana cara mengenalkannya lewat me-monetize youtube itu tadi,” ujar Louis.

Menciptakan karakter IP merupakan capaian dalam Mata Kuliah Desain Produk. Kegiatan ini pun menjadi bagian dari proses pembelajaran dalam mata kuliah tersebut. 

“IP ini potensinya sedang sangat besar berbarengan dengan industri kreatif yang semakin menjamur. Industri tersebut sedang digenjot sekarang, jadi kami siapkan mahasiswa ke arah sana,” ungkapnya. 

Hal ini menurutnya terlihat dengan banyaknya kolaborasi IP lokal dan internasional yang mulai bermunculan.  

Pernyataan Louis pun didukung dengan data Kemenparekraf. Sub Sektor Ekonomi Kreatif menyumbangkan sebanyak lebih dari 7% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional tahun 2019. Angka ini menyusul sub sektor ekspor yang saat itu menyumbang hampir sebanyak 12% kala itu. 

Kuliah Umum ini sekaligus merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama antara Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika bersama HKU Taiwan. Sebelumnya, Jason pun juga berkesempatan mengajar mahasiswa Program Studi DKV SCU secara hybrid dalam Mata Kuliah Branding di minggu yang sama.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut