get app
inews
Aa Read Next : Bambang Pacul Jadi Kader PDIP Urutan Teratas untuk Diajukan Pilgub Jateng

4 Dosen IPB University Gelar PkM, Latih Warga di Pudakpayung Semarang Panen Nila dalam Waktu Cepat

Sabtu, 06 Juli 2024 | 21:51 WIB
header img
Empat dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) terhadap 40 pembudidaya ikan Nila. Foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.id - Empat dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PkM) terhadap 40 pembudidaya ikan Nila, di Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada Jumat 5 Juli 2024.

Mereka yang melaksanakan PkM yakni Dr Beata Ratnawati ST MSi, Dr Andi Early Febrinda STP MP, Dr Ir Cecilia Eny Indriastuti MSi dan Ayutyas Sayekti SE MSi. Mereka melaksanakan PkM melalui program "Dosen Pulang Kampung". "Dosen Pulang Kampung" merupakan program dosen IPB University mengabdi di wilayah yang memiliki nilai histori yang berkaitan dengan dirinya. Contoh, lahir di kota lain, namun lama tinggal dan besar di Kota Semarang. 

Ketua Tim PkM Beata Ratnawati mengatakan kegiatan ini bertajuk pendampingan usaha kelompok pembudidaya ikan fresh mina Pudakpayung melalui pengelolaan berwawasan lingkungan. 

"Melalui kegiatan ini kami membuat alat bernama  Resirkulasi Aquaculture System. Kami sasarannya pembudidaya ikan nila," kata Beata, dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/7). 

Tak hanya memberikan bantuan alat, empat dosen ini turut memberikan sejumlah pelatihan yang menguntungkan para pembudidaya. Seperti budidaya ikan nila yang cepat dan tepat, dan lain-lain. 

"Mereka selama ini kan baru bisa panen kira-kira enam sampai delapan bulan kemudian. Lalu kita latih mereka mengenali ikan dan penanganannya sehingga bisa tiga atau empat bulan kemudian bisa panen dan dirasakan hasilnya," jelasnya. 

Empat dosen ini berasal dari Sekolah Vokasi IPB University. Namun mereka berasal dari departemen atau program studi (prodi) berbeda-beda. Ada yang dari prodi teknik dan manajemen lingkungan, prodi supervisor jaminan mutu pangan, prodi teknologi dan manajemen pembenihan ikan, serta prodi manajemen agribisnis. 

"Jadi ada yang bantu izin PIRT, ada yang melatih pemasaran. Kalau saya, tadi itu, menangani filter air. Lebih ke pemanfaatan air dan agar limbahnya tidak mencemari lingkungan," terang dia. 

"Program dosen pulang kampung ini didanai IPB," sambungnya. 

Melalui pelatihan ini, pihaknya berharap para pembudidaya bisa mengenali ikan yang akan dibudidaya. Sehingga penanganannya bisa tepat dan panen bisa lebih cepat. 

Dia juga berharap melalui kegiatan ini IPB University bisa bekerjasama dengan baik kepada masyarakat khususnya pembudidaya ikan.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut