get app
inews
Aa Read Next : Dukung Produk Lokal, Harris Hotel Sentraland Semarang Gandeng UMKM Berkolaborasi

Pelaku Usaha Mikro Diimbau Beradaptasi dengan Sistem Pembayaran Digital

Jum'at, 24 Juni 2022 | 13:36 WIB
header img
Penggunaan sistem pembayaran digital dengan menggunakan fitur QRIS semakin diminati masyarakat Indonesia dan diadaptasi pelaku usaha mikro. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Para pelaku usaha mikro diharapkan beradaptasi dengan sistem pembayaran digital dikarenakan sistem pembayaran ini makin diminati masyarakat.  

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari, mengatakan penggunaan metode transaksi digital semakin disukai masyarakat.

"Kita harus memahami bahwa pandemi mengajarkan kita untuk melakukan transaksi secara digital, ini membuka peluang bahwa usaha melalui transaksi digital ini dapat terus berkembang pesat," ujar Yunita, dalam acara Peluncuran Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak2022, Kamis (23/6/2022). 

Yunita menjelaskan, catatan BI transaksi melalui digital banking hingga April 2022 kemarin sudah tembus Rp3,7 triliun, sedangkan transaksi yang terjadi dalam e-commerce mencapai Rp44,6 triliun.

Meningkatnya minat masyarakat melakukan transaksi digital, BI juga terus mengembangkan infrastruktur pembayaran digital melalui metode pembayaran dengan QRIS. 

"Salah satu pembayaran yang dikembangkan BI adalah QRIS yang sekarang sudah 18 juga merchant, itu juga tercatat bahwa 95 persen adalah pelaku UMKM, jadi sekarang tidak bisa dihindari UMKM harus memahami, menguasai digital," sambungnya.

Oleh karenya ditengah terjadinya disrupsi perkembangan teknologi, para pelaku usaha khususnya usaha mikro mau tidak mau saat ini harus meningkatkan dan melakukan perubahan mengikuti perubahan yang ada  

"Jadi literasi keuangan penting, tapi harus di barengi literasi digital, ini akan membentuk pemberdayaan ekonomi digital, sehingga kontribusi UMKM akan semakin besar," kata Yunita.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut