get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Sering Ciuman Rawan Buat Sariawan?

Cara Menyembuhkan Sariawan Tanpa Rasa Perih. Apa Saja?

Minggu, 26 Juni 2022 | 10:23 WIB
header img
Sariawan. Foto: ist

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Sariawan merupakan infeksi jamur pada mulut. Saat sariawan, area sekitar mulut akan terasa tidak nyaman untuk minum, makan dan berbicara. Lantas bagaimana cara menyembuhkan sariawan?  

Pengobatan sariawan berfokus pada obat antijamur yang bertugas membersihkan ragi jamur tersebut. Selain mengandalkan obat, Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan untuk menangani sariawan dan cara ini dianggap lebih minim rasa sakit. 

Menurut laporan Healthline, dikutip Minggu (26/6/2022), ada beberapa cara menyembuhkan sariawan tanpa rasa perih. Apa saja?  

1. Kumur air asin 

Cara menyembuhkan sariawan bisa dengan garam. Konon garam memiliki sifat antiseptik dan menenangkan. Campuran air hangat dan garam bisa menjadi obat rumahan menangani sariawan.  

2. Kumur larutan soda kue 

Selain pakai garam, Anda bisa juga mengandalkan soda kue untuk berkumur demi atasi sariawan membandel. Dalam studi yang dikerjakan pada 2009, natrium karbonat yang terkandung di soda kue dianggap sebagai desinfektan jamur Candida albicans yang cukup efektif.  

3. Makan yogurt  

Yogurt tidak hanya menyehatkan usus Anda, tapi bisa jadi senjata menghentikan pertumbuhan jamur penyebab sariawan. Disarankan makan yogurt tanpa pemanis karena Candida tumbuh subur karena gula.  

4. Kumur atau minum jus lemon 

Cara menyembuhkan sariawan bisa dengan jus lemon. Jus ini dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan. Menurut satu studi kecil di 2009, jus lemon menjadi pengobatan yang efektif untuk sariawan pada pasien HIV. 

5. Kumur air kunyit

Kunyit juga dipercaya bisa membunuh jamur penyebab sariawan. Curcumin yang terkandung di dalam kunyit dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi. Studi yang dilakukan pada 2010 pada tikus menunjukkan bahwa curcumin pada kunyit bisa mengobati sariawan. Studi ini menemukan juga bahwa curcumin adalah antijamur yang ampuh terhadap Candida albicans dan non-albicans, terutama bila dikombinasikan dengan piperin. 

6. Kumur air cengkeh 

Cara menyembuhkan sariawan bisa dengan cengkeh. Bahkan, kedokteran gigi hingga sekarang masih ada yang menggunakan cengkeh untuk antiseptik dan pereda nyeri. Kumur air cengkeh hangat ketika Anda sariawan. 

7. Kumur air oregano

Oregano banyak digunakan untuk membumbui makanan, tapi bahan alami yang satu ini juga punya kemampuan antimikroba dan antijamur yang bisa dipakai untuk mengobati sariawan. Disarankan untuk campurkan 2 tetes minyak oregano ke dalam 1 gelas air hangat, kumur larutan itu saat sariawan muncul. 

8. Kumur cuka sari apel 

Cuka sari apel dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia, termasuk menangani sariawan. Karena rasanya yang kuat, Anda disarankan melarutkan cukup 1 sendok teh cuka sari apel ke 1 gelas air hangat. Kumur larutan itu 15 detik saat sariawan.  

Selain cara-cara di atas, cara menyembuhkan sariawan juga dengan memaksimalkan asupan vitamin C. Jika vitamin C tercukupi, upaya penanganan sariawan bisa lebih maksimal hasilnya. 

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut