get app
inews
Aa Read Next : Seminar Series Fitofarmaka, Peran Dokter dalam Pemanfaatan Obat Berbahan Alam Indonesia

Covid-19 Meningkat, Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah: Prokes Tetap Kita Giatkan

Senin, 27 Juni 2022 | 08:22 WIB
header img
Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, dr. Djoko Handojo, Sp.B, Sp.B(K)Onk, FICS, Foto: iNewsSoloRaya

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah dr. Djoko Handojo, Sp.B, Sp.B(K)Onk, FICS, mengatakan adanya peningkatan jumlah pasien Covid-19 di Jawa Tengah.

Sampai hari ini terdapat adanya peningkatan dari jumlah pasien Covid-19. Dibandingkan dengan Jakarta dan Jawa Barat, Jawa Tengah masih tergolong kecil dengan 41 kasus positif. Tetapi bukan soal kasusnya yang dapat dilihat, namun jumlah tersebut terus meningkat dari sekitar tanggal 21-22 Juni hanya 7 kasus menjadi 14 dan terus meningkat hingga sekarang.

“Kita harus waspada walaupun tidak ada jumlah pasien yang dirawat, tetapi kita mesti melihat bahwa jumlah pasien meningkat secara nasional,” tutur Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, dr. Djoko Handojo, Sp.B, Sp.B(K)Onk, FICS, Jumat (24/06/2022).

Positif covid di Jakarta mencapai 10% sedangkan angka untuk Indonesia 9,1%. Hal itu menunjukan bagaimana jumlah kasus di Jakarta sangat tinggi dibanding daerah daerah lain. hal tersebut mungkin terjadi karena masih adanya kelompok rentan seperti lansia.

dr. Djoko mengimbau agar prokes tetap dilakukan. “prokes itu tetap kita giatkan, jadi rekomendasi dari IDI untuk antisipasi hal seperti ini adalah kita tetap melaksanakan enam hal,” ujarnya. 

Pertama, tetap memakai masker terutama di ruang terbuka. Kedua, aturan pemeriksaan pcr atau rapid antigen untuk pelaku perjalanan kembali dilakukan, mengingat harga tes sekarang sudah semakin murah. Ketiga, lakukan kembali kegiatan Tracing dan Testing. "Keempat, marilah kita mengimbau kepada pemegang kebijakan di daerah masing-masing untuk tetap mendukung upaya meningkatan cakupan vaksinasi booster dan tetap melakukan gerakan hidup sehat. Dan yang terakhir, melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)." bebernya.

dr. Djoko juga mengimbau untuk teman sejawat yang ada di IDI Wilayah Jawa Tengah supaya tetap melakukan edukasi secara terus menerus karena pandemi ini belum berakhir.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut