get app
inews
Aa Read Next : Covid-19 Melandai, Momentum Para Pelaku Seni Bangkitkan Festival Kesenian Tradisional

Cara Tepat Saat Mengkonsumsi Suplemen Kesehatan Tubuh

Rabu, 03 Agustus 2022 | 14:15 WIB
header img
Ilustrasi Suplemen. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id – Virus COVID-19 dapat meredam meski belum hilang sepenuhnya dari aktivitas keseharian masyarakat saat berada diluar rumah. 

Maka perlu dengan sangat ketelitian dalam menjaga kesehatan agar dapat terhindar dari paparan virus yang sudah melumpuhkan aktivitas dunia selama kurang lebih dua tahun lamanya, yakni dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, rajin berolahraga, serta diperlukannya suplemen yang dapat menjaga kestabilan kesehatan. 

Suplemen sangat dibutuhkan tubuh manusia karena memiliki fungsi memenuhi nutrisi akibat penyerapan zat gizi yang ada pada sistem pencernaan manusia. 

Suplemen yang dikonsumsi pun tidak dapat sembarang suplemen dan tentunya perlu aturan pakai yang tepat. 

Seperti memperhatikan suplemen yang sudah teruji klinis, memiliki label ijin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), salah satu ahli kesehatan Indonesia yakni Dr. dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes pernah mengatakan bila mengkonsumsi suplemen, ada baiknya memilih suplemen yang mengandung bahan alami atau herbal, namun disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. 

“Setiap suplemen memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Sehingga harus tau suplemen apa yang dibutuhkan oleh tubuh.” Ujar dr.Rita Ramayulis pada siaran pers Muscle First beberapa tahun silam.  

Suplemen secara ideal dapat dikonsumsi setelah sarapan, sebanyak sehari sekali. 

Namun bila kesehatan sedang menurun atau dalam keadaan kurang fit, suplemen dapat dikonsumsi sebanyak dua kali sehari yakni pagi hari saat sarapan dan setelah makan malam. 

Maka dengan mengkonsumsi suplemen berdasarkan aturan pakai, dapat mengubah kepadatan lemak menjadi kepadatan otot dengan kata lain bahwa komposisi tubuh yang baik yakni keseimbangan antara lemak dengan otot. 

dr. Rita juga menambahkan bahwa kestabilan khasiat suplemen bila dikonsumsi secara rutin saat tubuh sedang berolahraga, dengan tubuh yang ideal dan proposianal sebagai nilai tambah. 

“Agar tubuh ideal, ada baiknya minum suplemen ketika rutin berolahraga.” Kata dr. Rita. 

Kunci kesehatan dapat terjaga yakni dengan mengatur dan mengolah pola makan dengan makanan yang penuh gizi dan mineral dan tentunya dengan cara pengolahan yang baik. 

Selain itu juga dapat mengetahui dengan batasan bila sedang mengkonsumsi makanan maupun suplemen itu sendiri, serta yang sangat perlu diingat bahwa kesehatan dapat terjaga tidak hanya mengkonsumsi suplemen dan makan makanan bergizi saja, namun dapat mengatur pola tidur, minum air putih yang cukup dan dapat mengatur pola pikir agar dapat terhindar dari stress pun juga merupakan teknik dasar agar tubuh dapat sehat secara optimal.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut