Logo Network
Network

Kunker ke Boyolali, Jokowi Tinjau Kebun Kelapa Genjah

Tim iNewsSoloRaya.id
.
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 09:03 WIB
Kunker ke Boyolali, Jokowi Tinjau Kebun Kelapa Genjah
Jokowi (Foto: Istimewa)

Boyolali, iNewsSoloraya.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/08/2022) pagi sekitar pukul 08.20 WIB. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi sekaligus meninjau pengembangan kelapa genjah di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak.

Kedatangan Jokowi beserta romobngan disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono; Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Komandan Lanud Adi Soemarmo, Marsma TNI Agus Setiawan.
 
Setiba di Boyolali, Jokowi langsung menuju ke Desa Giriroto untuk meninjau pengembangan kelapa genjah. Selain itu, Jokowi juga memiliki agenda yang serupa di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.
 
Jokowi mengungkapkan pemerintah pusat telah melakukan program 1 juta kelapa genjah yang akan tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. “Ini baru dimulai disini nanti di provinsi provinsi yang memang kelapa menjadi baik, akan kita tanam. Targetnya kurang lebih 1 juta kelapa genjah,” jelas Jokowi.
 
Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi dari krisis pangan yang melanda berbagai belahan negara di dunia. “Inilah kenapa kita ingin lahan lahan yang tidak produktif itu diproduktifkan, Dan lahan lahan yang tidak produktif ditanami seperti sekarang ini, kelapa genjah. Yang nanti hasilnya 2 tahun 2,5 tahun setahun bisa produksi 1 pohon bisa 180 buah,” ungkapnya.
 
Di eks Karesidenan Surakarta tepatnya di Kabupaten Boyolali, akan ditanami 46.000 batang kelapa genjah.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat mengungkapkan ada tiga kecamatan yang menjadi target Kawasan penanaman kelapa genjah yakni Kecamatan Ngemplak, Andong dan Wonosamodro dengan total luasan 420 hektar melalui empat unit pengolahan hasil (UPH).
 
“Artinya apa penanaman tiga titik kecamatan ini juga memfokuskan bahwa tidak secara keseluruhan harus tersebar di tanam di 22 kecamatan. Tetapi akan fokus di situ karena di sisi yang lain ini tentunya akan memberikan daya dukung dari sisi pengembangan Agrowisata,” ujar Said.
 
Kelapa genjah di Kabupaten Boyolali direncanakan dapat menyerap tenaga kerja 4.000 KK dengan hasil yakni 15 ribu liter minyak kelapa per tahun, kemudian 2,5 juta butir kelapa segar per tahun dan 53 ton gula semut per tahun. 
 
Selain itu, penanaman kelapa genjah di Kabupaten Boyolali menggunakan system penanaman 50 persen di pekarangan dengan tenaga kerja sejumlah 3.800 KK dan 50 persen di kawasan dengan tenaga kerja sebanyak 300 KK. Melalui empat kawasan integritas penanaman, diharapkan produktivitas kelapa genjah di Kabupaten Boyolali dapat maksimal.

Keempat Kawasan integritas tersebut yakni kelapa-jagung di lahan seluas 227 hektar yang mampu menghasilkan 909 ton jagung, Kawasan integritas kelapa-cabai di lahan seluas 2 hentar yang mampu menghasilkan 22 ton cabai, Kawasan integritas kelapa-nanas di lahan seluas 5 hektar yang menghasilkan 160 ton nanas dan Kawasan integritas kelapa-kambing dengan ternak 25 ekor kambing.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.