Logo Network
Network

Air Es Bikin Perut Buncit? Simak Penjelasan Dokter Tirta

Tim iNewsSoloRaya.id
.
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 16:40 WIB
Air Es Bikin Perut Buncit? Simak Penjelasan Dokter Tirta
dr.tirta (Foto : Petra Akbar)

Banyak yang meyakini bahwa jika terlalu sering meminum air es akan menyebabkan perut buncit. Padahal minum minuman dingin seperti air es atau es teh merupakan hal yang dekat dan sering dilakukan sehari-hari.  

Namun benarkah begitu? Apakah hal tersebut merupakan fakta atau hanya mitos?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai air dingin dan perut buncit, Anda perlu tahu bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Cairan di dalam tubuh terbagi atas beberapa jenis, di antaranya adalah darah, cairan sendi, cairan serebrospinal, keringat, air mata, dan lainnya.

Air melalui darah akan membantu menyalurkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel dan organ. Air melalui keringat akan membantu menjaga suhu tubuh dan melembapkan kulit.

Pembentukan cairan pelumas organ seperti cairan sendi, cairan serebrospinal di otak dan sumsum tulang belakang, cairan pleura di paru-paru, dan cairan perikardium di jantung juga membutuhkan cairan. Tidak lupa, cairan air mata yang sangat dipengaruhi oleh emosi juga dibentuk dari air.

Namun jika ditanya benarkah air es dapat menyebabkan perut buncit, maka perlu disimak penjelasan berikut ini. 

dr. Tirta dalam sebuah postingan video menyebut bahwa adalah fitnah bila perut buncit disebabkan keseringan minum air es merupakan sebuah fitnah. 

"Bro segala minuman yang masuk dalam kerongkongan kita akan diatur suhu tubuh kita. Perut buncit dari air es itu fitnah. Mitos," ungkapnya dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @orangjenius.id

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini