get app
inews
Aa Read Next : 4 Empon-Empon Indonesia yang Jarang Dikonsumsi

Cengkeh, Rempah Asli Indonesia yang Memiliki Segudang Manfaat

Kamis, 08 September 2022 | 16:52 WIB
header img
Cenghkeh memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan manusia. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.idCengkeh yang memiliki aroma yang khas, alami dan sedikit menyengat ini sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena setiap masakan nusantara yang ada menggunakan cengkeh sebagai aromatik yang mana dapat menambah selera makan seseorang. 

Cengkeh yang menjadi rempah dalam masakan, cengkeh juga dapat menjadi obat tradisional alami yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan dapat menjadi penangkal dari virus penyakit dalam tubuh manusia. 

Cenghkeh memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan manusia, kandungan cengkeh diantaranya, vitamin, mineral, dan serat. Ketiga kandungan yang terdapat dalam cengkeh memberikan manfaat bagi tubuh, diantaranya:

1. Membunuh Bakteri 
Cengkeh dipercaya bersifat anti mokroba yang mana dapat menangkal bau mulut dan baik untuk perawatan gigi. 

2. Menangkal Radikal bebas
Cengkeh mengandung antioksidan yang bernama eugenol. Eugenol merupakan senyawa yang dapat mencegah adanya stress oksidatif yang mana menjadi penyebab utama adanya penyakit kronis. 

3. Menetralkan Gula darah 
Zat nigericin dalam cengkeh mampu mengoptimalkan penyerapan gula, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin. Apabila dikombinasikan dengan diet seimbang, rempah-rempah ini mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik.

4. Mengatasi penyakit Maag 
Penelitian menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu mengobati maag dan menunjukkan efek yang mirip dengan obat maag. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk melihat efeknya pada manusia.

5. Mencegah Kanker
Sebuah penelitian pada tabung reaksi menemukan bahwa eugenol menghentikan pertumbuhan tumor dan meningkatkan kematian sel kanker. Studi tabung reaksi lain mengamati hasil yang serupa. 

Namun, penelitian tabung reaksi ini menggunakan ekstrak cengkeh yang sangat pekat. Perlu dipahami bahwa dosis tinggi eugenol mampu menghasilkan racun yang berisiko merusak hati. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diketahui dalam cengkeh, yang mana sangat penting dalam kesehatan tubuh manusia. 

Semoga selalu dalam sehat dan bahagia!

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut