get app
inews
Aa
Read Next : Terdepan! Disdik Semarang Larang Lato-Lato di Lingkungan Sekolah

Juara Lato-lato, Bocah di Sidoarjo Dapat Kambing

Senin, 09 Januari 2023 | 21:29 WIB
header img
Permainan lato-lato, yang kini tengah digandrungi anak-anak hingga orang dewasa. Foto: Dede Kurniawan.

Sidoarjo, iNewsSoloraya.id - Seorang bocah sepuluh tahun di Sidoarjo menjadi juara usai mampu memainkan lato-lato selama 2 jam 7 menit tanpa henti, Minggu (8/1). Bocah bernama Chesta Khadafi tersebut mampu mengalahkan setidaknya 300-an peserta yang ikut dalam lomba tersebut. 

Lomba lato-lato digelar di Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Ketua Panitia Muhammad Subeki menyebut lomba ini diikuti sekitar 300 orang. 

Peserta lomba datang dari Mojokerto, Surabaya, Jombang dan Sidoarjo. Peserta berusia 6 hingga 16 tahun. Subeki menambahkan pemenang lomba ini akan mendapatkan seekor kambing.

"Yang mengikuti lomba lato-lato ini sebanyak 300 peserta dari berbagai kota. Semua peserta harus mengikuti aturan dari panitia," kata Subeki. 

Subeki menjelaskan mekanisme lomba, semua peserta memakai lato-lato dari panitia. Di babak penyisihan, peserta diwajibkan memainkan lato-lato selama 10 menit tanpa berhenti. Bila berhenti dinyatakan gugur.

Di babak penyisihan, ratusan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 20 peserta. Selanjutnya, peserta yang bisa menyelesaikan babak penyisihan dipersilakan mengikuti babak kedua.

Setelahnya, pada babak semifinal peserta harus memainkan lato-lato sambil duduk, jongkok, serta berjalan memutar. Dari 300 peserta, yang lolos ke babak final hanya 43 anak.

"Untuk kategori final mereka dituntut memainkan lato sekuat mungkin. Siapa yang paling lama, dialah yang juara," terang Subeki.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut