get app
inews
Aa Read Next : Ello Berteriak, Mengentak, dan Konser Dewa 19 di JIS pun Penuh Keringat

Dhani Hadirkan Elvi Sukaesih dan Andre Taulany untuk Kejutan ke Baladewa

Minggu, 05 Februari 2023 | 12:49 WIB
header img
Duet Mulan dan Elvi di JIS tadi malam (4/2)

Ada kejutan yang tak akan terlupakan oleh Baladewa dalam gelaran Pesta Rakyat Konser 30 Tahun Dewa-19 Berkarya, di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu malam (4/2). Selain menghadirkan lima drummer, empat vokalis, Dhani memberi kejutan spektakuler dengan dua penyanyi yang tak terduga.

Ya, tak dinyana, Ratu Dangdut Indonesia Elvi Sukaesih naik panggung, berduet dengan Mulan Jameela dengan lagu ‘’Bimbang’’. Dan seluruh penonton bersorak, apalagi Mulan sangat interaktif, berkali ulang menyapa penonton.

Elvi tampak amat menikmati konser ini. Penyanyi berusia 70 tahun ini masih energetik, bahkan vokalnya sangat terjaga, sehingga memberi Mulan ‘’kemudahan’’ untuk menuntaskan dan memberi aksentuasi modern pada lagu lawas tahun 70-an itu.

Aransemen Dhani juga membuat lagu ini jadi ‘’mahal’’, dan elegan. Penonton tampak tertawa dan juga bergoyang, mengikuti alunan dan ketawa Andra dan Dhani di panggung.

‘’Dhani memang maestro. Pencinta segala musik, dan mampu memberi penghargaan untuk tokoh musik di tanah air,’’ tulis Aryo, di akun Dewa-19.

Ya, sehari sebelumnya, duet itu memang telah muncul di youtube Dewa19, dengan harapan penonton dapat mengikuti ketika nantinya lagu itu ditampilkan. Dan benarlah, dengan balutan busana putih, Mulan tampak menyatu dengan Elvi yang berbusana hitam. Mulan terlihat sekali sangat ‘’menjaga’’ Elvi, selalu meneriakkan namanya, menggandeng, dan menjadi ‘’penjaga visual’’ Elvi.

‘’Dangdut tanpa kenorakan,’’ komentar @muhammadali4703.

‘’Karakter vocal dangdut umi Elvi yg tdk terlalu vokus di cengkok yg kental hingga mempermudah Teh Mulan utk mengimbangi irama dangdut nya, hingga menjadi kolaborasi yg meewaaaahhhhhh,’’ tulis @imamsmaulana4005.

‘’erima kasih Om Dhani sudah me-remake lagu kesukaan almarhum bapak saya. Saya sangat mengidolakan Dewa 19, dan bapak saya mengidolakan Elvy Sukaesih. Dengan aransemen ulang lagu ini saya seperti disatukan dengan bapak saya melalui musik. Terima kasih sekali lagi atas karyanya yang luar biasa,’’ ucap @fabillarizkyarsanti7500.

‘’Dewa emang udah jadi simbol musik Indonesia, semua genre di lahap keren…’’ sahut @rikyaterweek.

Kejutan lain juga datang dengan kehadiran Andre Taulani. Penyanyi yang populer dengan grup Stinky ini, dan makin populer setelah jadi pelawak, dipanggil Dhani untuk naik ke atas panggung.

‘’Kali ini kami akan menyanyikan lagu yang tahun 97 sangat terkenal sekali, dengan penyanyi aslinya. Waktu itu saya bingung, kok lagu jelek ini ngetop sekali, ya?’’ kata Dhani yang disambut tertawa penonton.

Andre pun naik dan menyapa. ‘’Thank you Mas Dhani, Yuke, Vega, Mas Andra, Mas Ari. terimakasih semuanya….’’ katanya, dan berlalu meninggalkan panggung. Sontak gaya ini mendapat tepukan dan tawa dari ribuan penonton, apalagi kemudian Ari Lasso menarik Andre, yang memang seolah ingin pergi.

Maka, lagu yang jadi ikon anak 90-an, ‘’Mungkinkah’’ melantun dengan santai dari Andre. Dan ribuan penonton menyambut lagu dengan aransemen yang tampak lebih kekinian itu.

Andre yang berjalan dari satu sisi panggung ke sisi lainnya, mampu memberikan kenangan yang dalam kepada para penonton. Saat dia meminta penonton mengangkat tangan, ‘’Yangannya di atas semua,’’ semua langsung mengiyakan, dan mengikuti semua arahan Andre.

Malam ini, Andre bahkan seperti tak pernah bernyanyi sendiri. Nyaris semua lirik yang dia lantunkan adalah koor panjang dengan dengan ribuan penonton, mendatangkan vibes yang syahdu dan nelangsa. Puluhan penonton tampak bernyanyi sembari meletakkan tangan di dada, seakan tengah menahan pedih dari kenangan lalu.

‘’Kau kusayang… selalu kujaga… Tak kan kulepas selamanya… Hilangkanlah keraguanku..’’ koor 70-an ribu penonton benar-benar menggetarkan JIS malam itu.

‘’Saya sengaja mengundang Andre Taulani ke sini, supaya beliau bercerita kepada teman-temannya, bagaimana hebatnya Dewa-19,’’ kata Dhani, tertawa sembari merangkul Andre, yang disambut tawa ribuan penonton. Canda khas Dhani yang sudah sangat dihapal Baladewa.

‘’Aku deg-degan, sumpah,’’ terang Andre, ketika Ari Lasso bertanya, mengapa tangannya dingin.

‘’Dewa 19 memang penuh kejutan...., sama sekali tidak terpikirkan sebelumnya lagu band Stinky bakal dibawain di konser ini.... yg jelas apapun jenis lagu yg di aransemen Dewa bakal terdengar lebih fresh.... Good job Dewa 19,terimakasih dan tepuk tangan yg meriah,’’ kata @herisuwondo7646.

‘Salute buat pak dhe dani. Lagu ini bisa jadi lebih fress tanpa mengurangi esensinya. Benar² master,’’ puji @wawansugiono5638.

‘’Pak H Andre pernah ngomong di podcast kalau lagu ini inspirasi pemilihan liriknya terinfluence dari liriknya lagu kangen dewa 19, mungkin itu sebabnya mas Dhani bawakan dan Alhamdulillah pak H Andre bisa merasakan bagaimana atmosfer konser besar ditonton oleh 80 ribu penonton,’’ jelas @muhammadandeawan.

Banyak sekali tawa memang dalam konser Dewa-19 kemarin malam. Semua tampil santai, penuh canda, terlihat tak ada ketegangan di antara para penampil.

Ini memang menjadi konser sejarah bagi Dewa-19, dengan penonton banyak berbayar, di stadion yang megah, dengan penonton tokoh nasional, mulai Iriana Jokowi, Prabowo, Anies, AHY, sampai Rocky Gerung. Dan puluhan ribu Baladewa yang terus setia menghidupi band termahal di Indonesia ini.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut