Logo Network
Network

3 Desa di Boyolali Hujan Abu akibat Erupsi Merapi

Tim iNewsSoloRaya.id
.
Rabu, 08 Februari 2023 | 17:02 WIB
3 Desa di Boyolali Hujan Abu akibat Erupsi Merapi
Gunung Merapi kembali semburkan lava pijar.(Foto:BPPTKG)

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa erupsi Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 07.10 WIB, yang arah awan panasnya ke Sungai Boyong Magelang dan dampaknya di Boyolali terjadi hujan abu di tiga desa. Widodo Munir menyampaikan, erupsi Merapi berupa semburan abu ke atas yang kemudian dibawa angin ke arah timur, meski laharnya mengarah ke Kali Boyong Magelang.

"Kami mengimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik tetapi waspada. Karena, wilayah Boyolali khususnya erupsi diperkirakan mengarah ke barat daya terutama di Sungai Boyong Magelang," sambungnya.

Salah seorang warga Desa Sangup, Rukimin (50) mengatakan hujan abu terjadi di Desa Sangup dari Gunung Merapi, sekitar pukul 07.30 WIB. Hujan Abu melanda di lahan pertanian sayuran, jalan, dan rumah milik warga.

Ada dua desa yang terdampak hujan abu di Kecamatan Tamansari yakni Sangup dan Mriyan. Namun, warga tetap beraktivitas seperti biasa, mereka tetap pergi ke ladang dan anak-anak tetap masuk sekolah.

Warga lainnya, Ngatiyem (45), mengatakan hujan abu datang secara tiba-tiba mengguyur di wilayah Desa Sangup, sekitar pukul 07.30 WIB. Abu mengguyur lahan pertanian yang sebagian besar ditanami jenis sayuran.

"Warga kemudian banyak yang membersihkan tanaman sayuran seperti cabai, kembang kol dan lainnya. Namun, warga tetap beraktivitas seperti biasa ke ladang untuk membersihkan tanaman sayuran agar kualitasnya tidak menurun akibat dampak hujan abu," tukasnya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini