get app
inews
Aa Read Next : Ello Berteriak, Mengentak, dan Konser Dewa 19 di JIS pun Penuh Keringat

Penggombal, Ahmad Dhani Ciptakan Lagu ''Kangen'' untuk Perempuan sebelum Maia

Minggu, 19 Februari 2023 | 09:42 WIB
header img
Pacar pertama Ahmad Dhani

LAGU-LAGU Dewa 19 harus diakui sangat mudah diingat, dinyanyikan, dan populer. Bahkan, ada kepercayaan di kalangan Baladewa, makin didengarkan, akan kian disukai.

Nah, dari sekian banyak lagu Dewa 19 yang populer, lagu-lagu dengan nama wanita cukup mendominasi. ‘’Kirana’’ misalnya, sangat populer. Bahkan banyak Baladewa yang mengakui, judul lagu itu ditabalkan menjadi anak mereka. Atau, Baladewi mengakui, Kirana yang menjadi namanya adalah pemberian orang tuanya yang juga Baladewa. Asiikkk ya?

Selain ‘’Kirana’’, juga ada ‘’Cindi’’, ‘’Dewi’’, ‘’Rein’’, ‘’Deasy’’, dan ‘’Cukup Siti Nurbaya’’, yang amat dihapal Baladewa. ‘’Tradisi’’ Dewa 19 memakai judul dengan nama perempuan dalam lagu, tampaknya mengekor Toto, yang juga populer dengan lagu ‘’Rossana’’, ‘’Pamela’’, dan ‘’Anna’’.

Selain enam judul lagu dengan nama perempuan di atas, sebenarnya ada dua lagi yang juga bernama perempuan, dan selalu menjadi pertanyaan, siapa sosok itu. Pertama adalah IPS, lagu yagn tanpa lirik. Dan kedua, Melati, dalam lagu ‘’Satu Hati (Kita Semestinya)’’,  Melati, maafkan aku lagi / Ternyata tak semudah di angan / Mencoba untuk bertahan / Di sela pertengkaran yang terjadi//.

Jika IPS, lagu yang tanpa lirik berdurasi 2 menit itu adalah inisial dari Ismulia Permata Sari, wanita Andra Ramadhan, maka Melati adalah sosok yang sampai kini belum diketahui, masih jadi misteri.

Lagu untuk Kekasih
Dhani sebagai pencipta lagu paling produktif di Dewa 19 mengakui memang banyak menciptakan lagu untuk mengenang momen bersama wanita dan atau mempersembahkan lagu itu untuk perempuan yang, saat itu, dekat dengannya. Hal yang wajar ya?

Nah, lagu untuk kekasih itu, di masa awal remaja, yang dia ungkapkan dengan segenap rasa, dan ternyata bisa abadi sampai sekarang, adalah hal yang luar biasa. Dan, di antara lagu yang sangat abadi itu, ‘’Kangen’’ menempati posisi utama.

‘’Kangen’’ adalah salah satu lagu yang paling banyak dinyanyikan di Indonesia. ‘’Kangen’’ juga selalu dinyanyikan peserta Indonesian Idol dalam tiap sesi. Tiara Idol bahkan pernah menyanyikan lagu ‘’Kangen’’ dengan aransemen yang sangat indah, dan membuatnya melaju ke final. ‘’Kangen’’ juga lagu yang diaransemen Erwin Gutawa dan secara khusus dinyanyikan Chrisye berduet dengan Sophia Latjuba, dan menjadi sangat populer di masanya.

‘’Kangen’’ adalah lagu semua era.

Lagu semua yang tengah jatuh cinta.

Lagu yang paling dinantikan dinyanyikan dalam setiap konser Dewa 19, dan kini menjadi ikonik, karena secara otomatis akan diiringi ribuan bahkan puluhan ribu cahaya ponsel penonton konser, sebagaimana yang tersaji secara luar biasa di Pesta Rakyat Dewa 19 di JIS, Sabtu (4/2).

Dan, ternyata tak banyak yang tahu, ‘’Kangen’’ itu wujud rasa Dhani kepada siapa. Bahkan, Ari Lasso, yang dekat dengan Dhani pun, salah duga, meyakini lagu itu untuk Maia Estianti, istri pertama Pakde Plontos.

"Maia sangat punya hubungan dengan lagu ini, karena lagu ini diciptakan untuk Maia, gue tahu banget," tutur Ari Lasso dalam sebuah acara penjurian ajang pencarian bakat.

"Dhani waktu itu kangen banget dengan Maia, gue tahu, itu sebuah sejarah," sambungnya, sebagaimana Naung kutip dari detikhot.

Dan, keyakinan Ari Lasso itu ternyata salah, dibantah Dhani sendiri.

Dhani, sebagaimana pengakuannya di Video Legend, membantah kesaksian Alas. "Lagu Kangen tidak saya buat untuk Maia Estianty,” jelasnya.

Pasalnya lagu ‘’Kangen’’ rilis tahun 1992, jadi pembuatannya lagu tersebut pasti di bawah atau sekitar tahun 1991, saat direkam. Sementara, Ahmad Dhani dan Maia Estianty mulai pacaran di tahun 1993. Menurut Dhani, lagu tersebut memang diciptakan untuk orang lain.

"Sebelum pacaran dengan Maia Estianty, saya punya pacar. Lagu ‘Kangen’ itu saya tujukan untuk pacar saya, tapi bukan Maia Estianty," ujarnya.

Lalu siapa?

Perempuan yang bukan Maia itu ternyata hadir dalam konser Pesta Rakyat di JIS, ikut menjadi penonton, dan sempat berfoto bersama Dhani, lalu Andra, dan juga Ari Lasso. Perempuan itu juga pernah hadir di rumah Dhani, dan dalam beberapa acara, termasuk reunian.

Perempuan yang menjadi sumber inspirasi lagu ‘’Kangen’’ itu, bernama Pungky Sukmawati.

Bahkan ia sebagai orang pertama yang digadang-gadang mendengarkan lagu fenomenal itu. Pasalnya Pungky merupakan wanita yang pernah menjalin asmara dengan Ahmad Dhani semasa remaja dulu sebelum dengan Maia Estianty.

‘’Tapi kami lalu putus, karena Dhani itu orangnya terlalu protektif,’’ aku Pungky, dalam kesempatan yang berbeda.

Pungky, yang masih cantik di usia yang juga sebaya dengan Dhani, dalam beberapa sisi, tampak juga mirip Maia. Apakah selera muda Dhani memang seperti itu, silakan Anda menduga ya? Hahaha….

 

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut