Logo Network
Network

Agustina Wilujeng Pramestuti Ajak Warga Sragen Promosikan Destinasi Wisata Lewat Film

Tim iNewsSoloRaya.id
.
Senin, 27 Maret 2023 | 12:08 WIB
Agustina Wilujeng Pramestuti Ajak Warga Sragen Promosikan Destinasi Wisata Lewat Film
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, mendukung warga Sragen membuat film untuk promosi destinasi wisata. Foto: ist

SRAGEN, iNewsSoloraya.id - Berdasarkan situs Kemenparekraf, terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif (Ekraf), termasuk film. Film merupakan subsektor yang cepat menyerap tenaga kerja dan membutuhkan banyak pekerja.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, mendukung warga Sragen membuat film untuk promosi destinasi wisata

Agustina menginisiasi "Bincang Kreatif Dalam Rangka Penguasitas Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Film" bersama Direktorat Musik, Film dan Animasi, Kemenparekraf, di Gedung Kartini, Sine, Kabupaten Sragen, Sabtu (25/3/2023).

Dr. Teguh Hadi Prayitno, MM. M.Hum, MH, pembicara dalam acara tersebut, mendorong kaum milenial Sragen untuk serius menggeluti subsektor film, karena subsektor ini memiliki efek multipel. 

Contohnya, film yang mengangkat destinasi wisata Sragen dengan alur cerita dan sinematografi bagus akan menarik penonton untuk mengunjungi destinasi tersebut, sekaligus meningkatkan pendapatan pelaku wisata.

"Misalnya dengan membikin film terkait dengan destinasi wisata di Kabupaten Sragen, dengan alur cerita dan cinematografi yang bagus tentu akan membuat penonton film tersebut berkunjung ke destinasi tersebut. Selain bagus sebagai sarana promosi, hal itu juga secara tidak langsung menambah pendapatan pelaku wisata yang ada di destinasi tersebut," jelas Teguh.

Meskipun subsektor film menghadapi kendala seperti pendanaan dan pembiayaan yang belum optimal, Teguh meyakini hal ini bisa diatasi jika milenial bergotong royong. Misalnya, dengan mengurangi biaya melalui urunan pendanaan atau meminjam alat yang dimiliki anggota.

"Namun hal itu bisa terpecahkan, bila para milenial bergotong royong. Mungkin untuk menekan biaya bisa dengan urunan pendanaan, mungkin bila ada yang memiliki alat-alatnya bisa digunakan sehingga menekan cost, dan lain sebagainya," kata Teguh.

Agustina menutup kegiatan dengan mengajak peserta bermain kuis terkait destinasi wisata, makanan khas, dan budaya di Sragen.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.