get app
inews
Aa Read Next : Meriah! Rangkaian HUT ke-477 Kota Semarang Suguhkan "Semarang Night Carnival"

Semarang Night Carnival 2023: Hadirkan Keajaiban Kreativitas Indonesia dalam Semarak The Luxury

Sabtu, 20 Mei 2023 | 08:12 WIB
header img
Dengan tema "The Luxury," Pemerintah Kota Semarang sukses menggelar Semarang Night Carnival (SNC) tahun 2023. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Dengan tema "The Luxury," Pemerintah Kota Semarang sukses menggelar Semarang Night Carnival (SNC) tahun 2023 di Kawasan Kota Lama Semarang pada Jumat (19/5).

Kali ini, SNC terasa sangat istimewa karena diadakan bersamaan dengan acara Kemenparekraf, yaitu Semarak Kreativitas Indonesia 2023. Ribuan masyarakat memadati jalan-jalan yang dilewati oleh peserta Semarang Night Carnival untuk menyaksikan secara langsung gelaran SNC tersebut.

"Dengan adanya Jejakk Kreatif ini kan masyarakat sebelum nunggu SNC (mulai) bisa melihat-lihat (rangkaian acara Jejakk Kreatif) gitu ya. Juga ada car free night yang memang agenda rutin tahunan dari kota Semarang. Berangkat dari rangkaian hari jadi sehingga ini bisa dikolaborasi dan menjadi satu kegiatan yang mana saling support," ujar wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Pada SNC 2023 kali ini, terdapat empat sub-tema defile, yaitu Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus. Konsep ini menggabungkan Seni Tari, Seni Drama, dan Kostum Karnaval. SNC secara keseluruhan menggambarkan perpaduan harmonis dari berbagai aspek kehidupan di Kota Semarang.

Sekitar 120 peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), turut serta dalam memeriahkan SNC 2023.

"Ada kipas (simbol kemewahan). Kemudian keris itu kan (menyimbolkan) Jawa kemudian juga ada Chandelier (mewakili corak Eropa) ini kan Kota Lama gitu ya. Kemudian yang satu lagi adalah bunga lotus. Harapannya masyarakat memahami bahwa ini adalah daya tarik unggulan dari destinasi-destinasi yang digambarkan melalui tema-tema seperti ini," imbuh Mbak Ita, sapaan akrab wali kota Semarang.

Selain itu, Kota Semarang dipercaya menjadi tuan rumah pada gelaran perdana Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif (JejaKK) Indonesia 2023 yang berlangsung pada 19-21 Mei 2023.

Kegiatan ini melibatkan 109 kabupaten/kota dalam ekosistem KaTa Kreatif dengan rangkaian acara antara lain Semarang Night Carnival, pagelaran orkestra, forum diskusi KaTa Kreatif Indonesia, pagelaran seni pertunjukan, fashion show, pertemuan pasar lokal, pertemuan bisnis, pelatihan ekonomi kreatif, memasak kuliner secara live, dan menonton film ekonomi kreatif bersama.

"Jadi Semarang Night Carnival ini termasuk rangkaian acara Jejakk Kreatif yang meramaikan KaTa Kreatif. SNC juga dipromosikan oleh Kemenparekraf sehingga ini menjadi satu kolaborasi. Kabupaten dan kota lain juga diajak Kemenparekraf untuk memperkenalkan UMKM-UMKM dan ekonomi kreatif yang merupakan keunggulan dari masing-masing daerah," tandas wali kota perempuan pertama di Ibukota Jawa Tengah tersebut.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut