get app
inews
Aa Read Next : Semarang 10K Sukses Digelar, Pemkot Semarang Beri Peluang Pelaksanaan Ke depan Lebih Besar

Indonesia Awards 2023, Keberhasilan Pemkot Semarang dalam Pengentasan Stunting

Sabtu, 02 September 2023 | 03:01 WIB
header img
Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah, meraih Indonesia Awards 2023. Foto: ist

JAKARTA,iNewsSoloraya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah, meraih Indonesia Awards 2023 kategori Excellent Award for Strategic Initiative atas Program Pengentasan Stunting. Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Managing Director dan CFO iNews Media Group Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi, Direktur Sales dan Marketing iNews Media Group Esmal Diansyah, Direktur Programming, Production and Content Acquistions MNC Vision Networks Endang Mayawati, serta Direktur Programming iNews Media Group Khoiril Alam.

Selain itu, hadir pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Ganjar Pranowo.

Penghargaan ini didapatkan Pemkot Semarang atas inisiasi program penanganan stunting. Program ini menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan yang terus dilakukan Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di samping pengentasan kemiskinan ekstrem, ketahanan pangan, dan pengendalian inflasi.

Berbagai inovasi telah dilakukan Pemkot Semarang dengan menggandeng berbagai stakeholder. Hal itu dilakukan untuk memberantas akar penyebab stunting yang dapat berasal dari berbagai faktor.

Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita mengatakan bahwa Kota Semarang menjalankan beberapa program yang menyasar anak muda sampai ibu-ibu PKK untuk mengatasi stunting. “Jadi di Kota Semarang kami punya tagline bergerak bersama. Jadi semua stakeholder baik dari Pemkot Semarang, BKKBN, Kemenkes bergerak termasuk tim penggerak PKK melakukan kegiatan bersama,” katanya usai menerima Indonesia Awards 2023.

Program Stunting Kota Semarang 

Pemkot Semarang menjalankan program Dahsyat, yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting, yang terinspirasi buku buatan dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, yang berisi resep-resep masakan sehat dan murah. Resep masakan sehat dan murah tersebut membantu pemenuhan gizi anak-anak.

“Dari buku itu kita implementasikan di semua dasawisma tim penggerak PKK. Hal ini menjadi salah satu penyebab turunnya stunting karena ibu-ibu diajak masak,” kata perempuan kelahiran 4 Mei 1966.

Ada pula program Rumah Pelita yang dibentuk untuk menangani Baduta atau bayi dua tahun penderita stunting. Lewat Rumah Pelita ini Baduta diberi makanan bergizi dan pola asuh yang sesuai.

Ada pula program Day Care Rumah Pelita, di mana anak-anak stunting yang dititipkan akan didampingi pengasuh dan dokter untuk mengecek pertumbuhan dan perkembangannya.

Inovasi lain dalam pengentasan stunting di Kota Semarang yakni Rumah Sigap yang terintegrasi dengan Rumah Pelita, dan program Melon Mas atau Milenial Gotong Royong Mengatasi Stunting.

Pemkot Semarang juga menggandeng forum atau organisasi kepemudaan, seperti Forum Genre, Forum Anak, Forum OSIS, Karang Taruna, Pramuka, yang digerakkan guna mengedukasi tentang stunting.

Karena itu, Ita menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu program Pemkot Semarang dalam mengatasi stunting. "Dapat penghargaan Indonesia Awards 2023 terkait penanganan stunting. Pencegahan dan penanganan stunting kan merupakan program nasional dari Bapak Presiden yang harus dilakukan pada 2023-2024, yaitu pengendalian inflasi, ketahanan pangan, penanganan stunting, dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan," ujarnya.

Perempuan yang menjabat sebagai Walikota Semarang sejak 30 Januari 2023 ini menambahkan, target stunting harus turun menjadi nol persen. Angka prevalensi stunting di Semarang saat ini sebesar 1,4 persen, atau terus menurun dari tahun sebelumnya.

"Di Semarang stunting alhamdulilah turun 10,9 persen. Penanganannya mulai dari remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, dan anaknya. Yang kami lakukan adalah pencegahan dan penanganan stunting secara komprehensif," tuturnya.

Ita mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Awards 2023, yang memotivasi Kepala Daerah untuk terus melakukan inovasi untuk kesejahteraan masyarakat. "Indonesia Awards sangat bagus. Karena menjadi tolak ukur daerah dalam melakukan inovasi, yang goal nya adalah untuk kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Indonesia Awards 2023 merupakan bentuk penghormatan tertinggi kepada para insan pemberitaan, olahraga, pemerintahan, dan hiburan di Indonesia. Ajang penghargaan ini memberikan pengakuan kepada individu-individu yang meraih kemenangan dalam berbagai kategori yang dihadirkan.

Malam penghargaan Indonesia Awards 2023 dilaksanakan bersamaan dengan peluncuran iNews Media Group, dan disiarkan LIVE di iNews TV, serta secara streaming melalui Vision+ dan RCTI+.

"Semoga iNews Media Group bisa menjadi pendamping yang baik, untuk masyarakat Indonesia dalam menyajikan news dalam berbagai bentuk," jelas Hary Tanoesoedibjo.

Cluster News di bawah naungan MNC Group ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia. iNews Media Group terdiri dari iNews Group, Sindonews Group, IDX Channel Group, dan Okezone Group yang di dalamnya terdiri dari media platform televisi, radio, dan news portal.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo juga mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan. “Saya mengucapkan selamat kepada penerima Indonesia Awards 2023 dan iNews Media Group resmi saya luncurkan hari ini,” ujarnya.

Sederet bintang kenamaan Tanah Air turut hadir, antara lain Armand Maulana, Via Vallen, Salma Idol, Aldi Taher, Darak Badarak dan Cassidy Lee, serta dipandu oleh Cak Lontong, Robby Purba, dan Sere Kalina.
 

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut