Polda Jateng Sebut Ada Sejumlah Pelanggaran Lalu Lintas saat Ngabuburit

Holy Surya
Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, Kabid Humas Polda Jateng. foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.idPolda Jateng menyebut ada sejumlah hal negatif yang dilakukan segelintir pemuda saat ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa. 

“Berdasar pengamatan, pelanggaran lalu lintas yang sering ditemukan di lapangan antara lain penggunaan kendaraan dengan knalpot tidak sesuai spesifikasi (brong-red), kebut-kebutan dan balap liar,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, di Semarang, Rabu (13/3).

Ditegaskannya, hal di atas melanggar hukum, meresahkan warga  dan tidak sesuai dengan nuansa bulan puasa yang seharusnya diisi dengan kegiatan yang bernilai ibadah

"Seharusnya masyarakat mengisi ngabuburit dengan kegiatan positif seperti beribadah, berbelanja untuk persiapan berbuka dan sahur atau jalan-jalan bersama keluarga. Namun jangan ada  yang mengisinya dengan kegiatan yang melanggar aturan lalu lintas," ujarnya.

Dirinya berharap aksi-aksi yang meresahkan masyarakat tersebut segera ditinggalkan sehingga kekhusyukan bulan puasa tetap terjaga. Penggunaan knalpot brong, kebut-kebutan dan balap liar berpotensi menimbulkan keributan antar warga dan membahayakan jiwa.

Terkait  hal ini, Kabidhumas menyampaikan bahwa seluruh jajaran Polda Jawa Tengah akan meningkatkan patroli pengamanan sekaligus penindakan.

"Kegiatan operasi keselamatan candi juga menyasar pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan  bulan Ramadhan. Sedangkan Patroli lingkungan serta penindakan terhadap pelaku balap liar dan kebut-kebutan akan dilakukan pada jam-jam rawan. Selain itu upaya edukasi dilakukan dengan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat, pemerintah daerah serta sekolah," tandas dia.

Editor : zainal arifin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network