Kunjungi Unissula, Agustina Wilujeng Tekankan Pentingnya Bantuan Pendidikan untuk Warga Kurang Mampu

Tim iNewsSoloRaya.id
Calon Walikota Semarang, Agustina Wilujeng, mengadakan kunjungan ke Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) pada Senin (23/9/2024). foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.id - Calon Walikota Semarang, Agustina Wilujeng, mengadakan kunjungan ke Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) pada Senin (23/9/2024). Kedatangan Agustina disambut langsung oleh Rektor Unissula, Prof. Dr. Gunarto, SH, MH, di ruang rektor.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas berbagai isu penting, salah satunya adalah upaya memperluas akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi.

Rektor Unissula, Prof. Gunarto, menyoroti tingginya minat kuliah dari masyarakat yang kurang mampu di Semarang. Namun, ia mengakui bahwa tidak semua calon mahasiswa bisa memperoleh Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) karena keterbatasan kuota. 

”Oleh karenanya sangat penting dicari skema bantuan biaya kuliah di luar KIPK yang disediakan oleh pemerintah pusat agar semakin banyak masyarakat dari golongan yang kurang mampu bisa menikmati kuliah secaragratis,” ungkap Prof Gunarto.

Agustina Wilujeng sepakat pentingnya keberpihakan dan membuka akses yang lebih luasbagi masyarakat yang kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi.

“Kebetulansaya mantan anggota DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan sehingga memahamimasalah ini. Memang tidak semua masyarakat yang kurang mampu bisa tercover oleh KIPK dari pemerintah pusat sehingga perlu ditopang oleh Pemerintah Kota. Salah satunya denganmemaksimalkan 20% anggaran Pemerintah Kota untuk pendidikan termasuk sebagaibeasiswa bagi masyarakat yang kurang mampu agar bisa menikmati pendidikan di perguruantingggi,” ungkapnya.

Selain membuka akses lebih luas di perguruan tinggi bagi masyarakat kurang mampu Agustina Wilujeng juga menyampaikan pentingnya penguatan perguruan tinggi bukan saja bagi perguruan tinggi negeri namun juga bagi perguruan tinggi swasta.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) Drs Azhar Combo serta anggota Pembina Drs Ali Mufidz MPA. 

Hadir pula ketuaumum pengurus YBWSA Dr Bambang Tri Bawono SH MH, Sekretaris YBWSA Dr M Ja’far Shodik SE MSi, Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono, Wakil Rektor III M Qomaruddin ST MSc PhD, dan Dekan Fakultas Hukum Dr Jawade Hafidz SH MH.

Editor : zainal arifin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network