Semarang, iNewsSoloraya.id – PT KAI Daop 4 Semarang mencatat peningkatan jumlah penumpang selama periode long weekend libur Paskah 2025. Tercatat sebanyak 87.986 penumpang atau rata-rata 21.997 penumpang per hari telah diberangkatkan dari stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang sejak Kamis, 17 April hingga Minggu, 20 April 2025.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan bahwa puncak arus keberangkatan terjadi pada Minggu, 20 April 2025, dengan total 27.531 penumpang diberangkatkan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 4.
“Stasiun dengan jumlah keberangkatan tertinggi adalah Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dengan 25.253 penumpang atau rata-rata 6.313 penumpang per hari, disusul Stasiun Semarang Poncol 22.121 penumpang, Stasiun Tegal 12.190 penumpang, Stasiun Pekalongan 8.841 penumpang, Stasiun Ngrombo 4.114 penumpang, dan Stasiun Cepu sebanyak 3.993 penumpang,” ungkap Franoto, Senin 21 April 2025.
Tak hanya keberangkatan, arus kedatangan penumpang juga menunjukkan angka yang tinggi. Selama periode tersebut, sebanyak 83.217 penumpang tiba di stasiun-stasiun Daop 4 Semarang atau rata-rata 20.804 penumpang per hari. Puncak kedatangan terjadi pada Jumat, 18 April 2025, dengan 24.927 penumpang tiba di wilayah Daop 4.
Pada hari puncak kedatangan tersebut, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng kembali mencatat jumlah penumpang tertinggi dengan 8.312 penumpang, disusul Stasiun Semarang Poncol 5.705 penumpang, Stasiun Tegal 3.194 penumpang, Stasiun Pekalongan 2.470 penumpang, Stasiun Pemalang 1.138 penumpang, Stasiun Cepu 1.119 penumpang, dan Stasiun Ngrombo sebanyak 1.064 penumpang.
Selama masa libur ini, KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan 90.094 tiket untuk mendukung mobilitas masyarakat. Dari jumlah tersebut, tingkat penjualan mencapai 98 persen, mencerminkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap moda transportasi kereta api.
“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan perjalanan libur panjangnya kepada KAI. Ini menjadi semangat bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan,” tutup Franoto.
KAI Daop 4 Semarang berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu, dan andal bagi seluruh pelanggan. Berbagai peningkatan fasilitas dan pelayanan penumpang akan terus dilakukan guna menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat yang kian tinggi, khususnya pada masa-masa peak season seperti libur nasional dan hari besar keagamaan.
Editor : zainal arifin
Artikel Terkait