get app
inews
Aa Read Next : Megawati Minta Warga Solo Raya Pilih Pemimpin Berikan Perlindungan Bukan Intimidasi

DPD PDI Perjuangan Lakukan Upaya Pencegahan Stunting

Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:29 WIB
header img
Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat di Panti Marhaen. Foto: iNewsSoloRaya

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Sebagai upaya pencegahan stunting, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jawa Tengah menggelar acara Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat di Panti Marhaen, Kota Semarang, pada Sabtu 18 Juni 2022. 

Acara tersebut dilakukan serempak bersama DPD PDI Perjuangan seluruh Indonesia yang dipusatkan di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPD PDI Perjuangan Jateng dr. Messy Widyastuti menyampaikan tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi yang cukup untuk para ibu hamil agar tidak sampai melahirkan bayi dalam kondisi stunting.

Acara diikuti 250 orang peserta dengan rincian 100 ibu hamil, 100 calon pengantin, dan 50 bayi di bawah dua tahun (baduta) yang berdomisili di Semarang.

"Kita tahu bahwa stunting itu dimulai dari calon pengantin, dia harus sehat, dia tidak anemia. Saat menjadi pengantin dan hamil, hamilnya sehat, agar tidak melahirkan anak yang stunting. Sedangkan untuk ibu hamil, supaya tidak melahirkan bayi yang stunting" kata dr. Messy.

"Karena kita ingin mendapatkan generasi emas di tahun 2045," lanjutnya.

Dokter Messy berharap masyarakat menyadari bahwa stunting adalah hal yang sangat perlu diperhatikan agar seluruh ibu hamil sehat dan dapat melahirkan bayi yang sehat pula.

"Supaya seluruh ibu hamil ke depan itu sehat dan melahirkan bayi yang sehat dan bisa memberikan asupan gizi yang cukup pada saat 1000 hari pertama kelahiran sehingga tidak menjadikan anak itu stunting," pungkas Dokter Messy.

Salah satu peserta Dwi Kurniawatu (33), ibu hamil asal Pekunden, Semarang Tengah mengatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan tersebut dirinya mengetahui bagaimana cara mencegah adanya stunting pada bayi.

"Acara ini bagus sih, kita jadi bisa mengetahui untuk perkembangan bayi dan balita sampai nanti dia usia 5 tahun, terus gimana caranya menanggulangi stunting," kata Dwi.

Ia juga berharap kegiatan serupa dapat secara rutin dilakukan agar tidak ada lagi bayi yang stunting di Indonesia ke depannya.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani  memberikan sambutan melalui layar lebar.  Dalam sambutannya cucu proklamator Bung Karno itu memberikan edukasi kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi gizi yang cukup selama mengandung. 

"Ada hal-hal yang kemudian harus dipelajari, yaitu 1000 hari pertama kehamilan, ibu dan anak itu harus sehat harus makan makanan yang bergizi. Jangan sampai kemudian enggak makan makanan bergizi," ujar Puan.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut