get app
inews
Aa Read Next : Tidak Mampu Lunasi Biaya Bipih 2023, Empat Calon Jemaah Haji di Karanganyar Tunda Keberangkatan

Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Kemenag: Patuhi Protokol Kesehatan

Minggu, 17 Juli 2022 | 01:12 WIB
header img
Jemaah haji kloter 1 embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 1) tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta. foto: MPI

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Sebanyak 2.075 jemaah haji telah tiba di tanah air setelah menunaikan ibadah haji di Mekkah. Ribuan jemaah haji itu akan dipulang dalam enam kelompok terbang (kloter) menuju empat debarkasi, yakni JKG (Jakarta, Garuda, Pondok Gede), PDG (Padang), SOC (Solo) dan SUB (Surabaya). 

Jumlah jemaah di empat debarkasi itu sebanyak 2.428 orang. Rinciannya, JKG dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 780 orang. PDG satu kloter sebanyak 391 orang. 

SOC, satu kloter sebanyak 359 orang. "SUB, dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 898 orang," kata Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Wawan Djunaedi, Sabtu (16/7/2022). 

Dia menambahkan, hingga saat ini, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia sebanyak 52 orang. Sedangkan yang sakit sebanyak 112 orang.Dari jumlah itu, sebanyak 30 orang di antaranya di rawat di Arab Saudi dan sisanya di rawat di Klinik Kesehatan Haji Indonoesia di Mekkah. 

"Kami kembali mengingatkan agar jemaah haji untuk mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Wawan mengungkapkan, kondisi cuaca di Mekkah saat ini rata-rata 40 derajat celcius. Sedangkan di Madinah 43 derajat celcius. Untuk itu, pihaknya mengimbau jemaah haji untuk minum tanpa harus menunggu haus. 

Kemudian tetap memakai masker, baik di dalam maupun di luar hotel. "Utamakan kesehatan dan selalu terapkan protokol kesehatan," katanya.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut