get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Tetap Gelar Nonton Bareng Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia

Cari Kerja, Warga Boyolali Berburu Kartu Kuning

Rabu, 03 Agustus 2022 | 12:24 WIB
header img
Ilustrasi lamaran pekerjaan (Foto: doc.inews.id)

Menurutnya, pendaftar hanya perlu handphone berbasis Android sehingga dapat melakukan pendaftaran secara online pada laman bursakerja.jatengprov.go.id.
 
“Yang utama adalah menyiapkan ijazah terakhir dan fotokopi KTP karena disitu akan diketik nomor dan nomor ijazah dan sebagainya. Gratis,” tuturnya, Selasa (02/08/2022).
 
Tidak lupa, dia mengingatkan para pendaftar untuk menyiapkan pas foto 3x4 berwarna untuk melakukan cetak kartu kuning di Dinkopnaker Kabupaten Boyolali.

Lebih lanjut ia merinci jumah pencari kartu kuning di Kota Susu. “Adapun untuk 4.131 itu laki-lakinya ada 1.933, perempuan ada 2.198,” ujarnya.
 
Dari jumlah tersebut, masih dirinci sesuai dengan pendidikan. Yakni untuk Pendidikan SD ada 43 orang, SMP ada 403 orang, SMA ada 3.340, Diploma I ada 19 orang, Diploma II ada 3 orang, Diploma III ada 93 orang, Diploma IV ada 5 orang. Kemudian, Pendidikan sarjana (Strata-1) ada 223 dan Strata-2 ada 2 orang.
 
Dilanjutkan olehnya, untuk lowongan pekerjaan (loker) sampai dengan Bulan Juni ada 7.000 hingga 8.000 loker yang Sebagian besar didominasi oleh perusahaan yang bergerah di bidang garment.
 
“Kalau melihat lowongan kerja dengan pencari kerja, seharusnya pencari kerja bisa terjawab tapi karena anak-anak sekarang temen-temen sekarang itu masih pilah-pilih masih ragu-ragu untuk masuk di perusahaan,” pungkasnya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut