Logo Network
Network

WOW! Tiap Sebatang Rokok yang Terjual, Negara Mendapat Rp 800

Tim iNewsSoloRaya.id
.
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 17:19 WIB
WOW! Tiap Sebatang Rokok yang Terjual, Negara Mendapat Rp 800
Foto: Ilustrasi/ISTIMEWA

Yogyakarta, iNewsSoloraya.id - Rokok memiliki peran besar terhadap perekonomian negara. Bila dihitung-hitung setiap satu batang rokok, akan menyumbang sebesar Rp800 kepada kas neaa

Siapa sangka ternyata rokok memiliki peran besar bagi pundi-pundi kas negara. Setiap satu batang rokok yang disulut, ada Rp 800 yang akan mengisi kas negara.

Kontribusi pembakaran tembakau terhadap pendapatan negara mencapai angka yang fantastis, yakni hingga Rp 188 trilliun pada 2021.

Hal ini disampaikan Sekjen Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Hananti Wibissono memaparkan pelaku industri tembakau selalu membayar dengan tertib setiap tahunnya.

“Industri rokok, tentu di dalamnya termasuk ada perokok, adalah pembayar cukai dan pajak paling tertib. Tidak ada sumber pajak lain setertib rokok,” kata Hananto Wibisono di Yogyakarta dalam pemaparannya pada acara Focus Group Discussion (FGD), belum lama ini. 

Hananto menuturkan, ekosistem pertembakauan adalah salah satu potret realita gotong royong. Mulai dari petani, pekerja, UMKM, peritel, industri hingga konsumen.

Follow Berita iNews Soloraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini