get app
inews
Aa Read Next : Keamanan di Jawa Tengah Menjelang Pemilu 2024 Dalam Kondisi Kondusif

Gebyar Muktamar ke-48, Muhammadiyah Jawa Tengah Adakan Jalan Sehat Diikuti 350.000 Peserta

Selasa, 06 September 2022 | 20:17 WIB
header img
Jalan sehat serentak se-Jawa Tengah dalam rangka memeriahkan syiar Pra Muktamar ke-48 akan berlangsung pada Minggu, 11 September 2022. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Jalan sehat serentak se-Jawa Tengah dalam rangka memeriahkan syiar Pra Muktamar ke-48 akan berlangsung pada Minggu, 11 September 2022 dan melibatkan 350.000 peserta di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Ketua Panitia Gebyar Muktamar Muhammadiyah Jawa Tengah Dr. H. Karnadi Hasan, M. Pd. mengatakan di Kota Semarang sendiri target pesertanya adalah 25.000 orang yang berasal dari semua lapisan masyarakat tanpa memandang asal, agama, maupun usia.

"Jadi ditargetkan untuk peserta seluruh Jawa Tengah ada 350.000 orang. Untuk di Kota Semarang sendiri ditargetkan ada 25.000 orang peserta jalan sehat," ujar Karnadi dalam konferensi pers persiapan jalan sehat Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah di Kantor PWM Jateng, Jalan Singosari Raya No. 33, Selasa (6/9/2022).

Dalam Konferensi Pers yang juga dihadiri oleh Ketua PWM Jateng Dr. KH. Tafsir, MAg dan Ketua PWA Jateng Dr. Hj. Umul Baroroh MAg itu, Karnadi Hasan menjelaskan titik awal pemberangkatan sekaligus titik akhir jalan sehat di Kota Semarang yakni berpusat di Kantor Gubernur Jawa Tengah yang berada di Jalan Pahlawan. 

Rute jalan sehat yang harus ditempuh oleh peserta di Semarang yakni dimulai dari Jalan Pahlawan, kemudian ke Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Admodirono, Jalan Ahmad Yani, Simpang Lima, Jalan Pahlawan dan berakhir kembali di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah.

Adapun, kegiatan jalan sehat serentak se Jawa Tengah akan dilepas oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang. Pelepasan jalan sehat akan dilaksanakan secara live streaming yang bisa diikuti oleh seluruh peserta di setiap titik jalan sehat.

Hadiah utama yang dipersiapkan untuk para perserta jalan sehat se-Jawa Tengah yakni 38 tiket ibadah umroh gratis ke Haramain (Makkah al Mukarromah dan Madinah al Munawarah). Selain itu, juga terdapat hadiah lainnya yaitu berupa sepeda motor yang tercatat sebanyak 49 unit.

Sementara itu, untuk peserta jalan sehat di Kota Semarang yang digawangi PWM Jateng dan PDM kota Semarang, hadiahnya berupa 4 tiket ibadah umroh gratis, 3 sepeda motor, beasiswa pendidikan untuk 5 orang program pendidikan S1 di Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang, juga doorprize menarik berupa puluhan kulkas, mesin cuci, kompor gas, dan masih banyak lagi.

Tempat pendaftaran sekaligus pengambilan kupon jalan sehat  di kota Semarang dipusatkan di dua tempat, yakni Kantor LazisMU Kota Semarang (Jl. Wonodri Baru Kompleks Masjid at-Taqwa RS. Roemani PKU Muhammadiyah) dan Kantor LazisMU Jawa Tengah (Jl. Singosari Raya 33). Pendaftaran peserta dibuka sejak 1 September lalu hingga 8 September mendatang dengan syarat menyerahkan salinan kartu identitas. 

Selain jalan sehat, juga terdapat acara lain yang mengiringi Gebyar Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48 ini. Di antaranya pentas wayang kulit, tablig akbar, dan dialog kebudayaan.

"Acara yang mengiringi (jalan sehat) itu di setiap daerah juga melakukan pentas wayang kulit, ada tablig akbar, dan dialog kebangsaan sesuai dengan situasi yang dipersiapkan oleh masing-masing tim gebyar dari tingkat daerah/kota se-Jawa Tengah. Tetapi puncak acaranya yang serentak itu adalah berupa jalan sehat se-Jawa Tengah," lanjut Karnadi.

Acara jalan sehat serentak se-Jateng tersebut akan dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Haedar Nasir,  Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr.  Abdul Mu’ti, dan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini (secara live streaming dari Universits Muhammadiyah Kudus).

Selain itu, tamu yang hadir di Gedung Berlian Semarang yakni Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Walikota Semarang Hendrar Prihadi beserta pejabat lainnya, Ketua PWM Jateng Dr. KH. Tafsir, M.Ag, Ketua PWA Jateng Dr. Hj. Umul Baroroh, M.Ag, beserta Pleno (pengurus) PWM Jateng dan PWA Jateng lainnya. Hadir pula Majelis/Lembaga/Ortom tingkat Wilayah Jateng, Ketua PDM kota Semarang KH Fakrurozi dan  Anggota Pleno PDM, serta Majelis/Lembaga/Ortom tingkat Daerah.

Selain itu, diundang pula Menteri Perdagangan RI, para Ketua Fraksi DPRD Provinsi Jawa Tengah dan kota Semarang,  beserta tamu undangan dari para tokoh masyarakat Jawa Tengah dan Kota Semarang.

Untuk diketahui, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 akan dilaksanakan pada 18-20 November 2022 mendatang di Kota Solo. Untuk menyambut gelaran tersebut, PWM Jateng selaku tuan rumah di perayaan ke-48 ini pun menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut