get app
inews
Aa Read Next : 46.303 STB untuk TV Digital Dibagikan ke Klaten

ASO Tahap 3 Ditunda, KPID Jateng Desak Kemenkominfo Jamin Distribusi dan Pasokan STB di Daerah

Selasa, 10 Januari 2023 | 09:51 WIB
header img
Inilah Aplikasi untuk Cek Jangkauan Sinyal TV Digital (Foto: Kominfo)

SEMARANG, iNewsSoloraya.id ---Pemerintah berencana melanjutkan program Analog Swicht Off (ASO) tahap ketiga untuk sejumlah wilayah layanan siaran mulai tanggal 10 Januari 2023. Namun rencana tersebut diputuskan ditunda mengingat distribusi bantuan STB gratis belum mencapai 90 persen di wilayah-wilayah yang akan diterapkan ASO. 

“Dari rapat koordinasi dengan KPI Pusat diinformasikan bahwa pelaksanaan ASO tanggal 10 Januari 2023 ditunda. Salah satu alasan penundaan karena pertimbangan pesan Presiden RI Joko Widodo agar distribusi Set Top Box (STB) gratis sudah di angka 90%," ungkap Komisioner KPID Jawa Tengah, Anas Syahirul, Senin (9/11/2023). 

Anas Syahirul mengungkapkan bahwa KPID Jawa Tengah mendorong agar distribusi STB menjadi perhatian lebih serius oleh Kemenkominfo. Termasuk menjamin ketersediaan pasokan STB di pasaran untuk masyarakat umum. 

Wilayah yang sedianya dijadwalkan akan “suntik mati” siaran televisi analog tahap ketiga di antaranya adalah Malang dan sekitarnya (Jatim 2), Madiun dan sekitarnya (Jatim 9), Bali, Makassar, Banjarmasin, Medan, Palembang, termasuk wilayah layanan Jateng 7 yang meliputi Purwokerto, Cilacap, Brebes dan Purbalingga. 

Anas Syahirul menambahkan, penerapan pelaksanaan ASO di wilayah layanan siaran juga harus dibarengi dengan kesiapan faktor pendukungnya terutama persoalan distribusi Set Top Box (STB), daya terima siaran digital hingga persoalan teknis lainnya. 

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut