get app
inews
Aa Read Next : Pementasan Wayang Kulit untuk Nguri-Uri Budaya di Jawa Tengah

Gelar Wayang Kulit, Kapolri: Mengandung Ajaran Kepemimpinan

Minggu, 05 Februari 2023 | 19:21 WIB
header img
Kapolri Jenderal Listyo Sigid Prabowo

Jakarta, iNewsSoloraya.id -  Kepolisian Republik Indonesia (Polri) turut berupaya melestarikan budaya asli Indonesia, wayang kulit. Dalam hal ini, Polri mengadakan pagelaran budaya wayang kulit dengan Lakon Wahyu Makutharama di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan tengah pekan ini.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan seluruh Kepala Staf TNI.

Kapolri menerangkan, pagelaran budaya wayang kulit dengan Lakon Wahyu Makutharama, ini banyak pelajaran yang bisa dipetik oleh masyarakat karena didalamnya mengandung ajaran Hastabrata, yakni soal mengajarkan tentang jiwa kepemimpinan.

"Masyarakat bersama pemimpinnya memiliki hubungan yang saling mendukung. Pemimpin bisa mengayomi rakyatnya. Demikian juga rakyat juga memahami apa yang menjadi tugas pemimpinnya," terang Kapolri dilansir dari Polda Metro Jaya News, Minggu (5/1/2023).

Kapolri Sigit menerangkan bahwa pagelaran wayang kulit ini merupakan bentuk kerjasama TNI-Polri untuk melestarikan budaya asli Nusantara.

"Jadi hari ini sesuai dengan kesepakatan Pak Panglima bahwa kita sepakat untuk terus Nguri-uri budoyo menjaga dan mengembangkan budaya. Setelah beberapa waktu yang lalu kita melaksanakan pagelaran wayang orang bersama TNI-Polri di taman Ismail Marzuki," ujarnya.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pagelaran wayang kulit ini diselenggarakan untuk semakin memantapkan sinergisitas dan soliditas antara TNI dan Polri.

"Kegiatan hari ini utamanya adalah melanjutkan kegiatan dalam rangka memperkuat soliditas TNI-Polri yang selama ini sudah terjalin dengan baik yang selama ini sudah kompak," sebut Kapolri.

Kapolri menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus kesempatan untuk lebih mendekatkan diri antara TNI-Polri dengan seluruh lapisan elemen masyarakat Indonesia.

"Dan harapan kita tentunya soliditas TNI-Polri ini tentunya akan sangat bermanfaat dan juga kita harapkan dengan soliditas TNI-Polri hari ini kegiatan yang dihadiri oleh komunitas wayang, teman-teman dari Ormas, OKP dan pecinta budaya yang lain kita harapkan mendekatkan TNI-Polri dengan masyarakat," tukasnya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut