get app
inews
Aa
Read Next : Gelar Wayang Kulit, Kapolri: Mengandung Ajaran Kepemimpinan

Pementasan Wayang Kulit untuk Nguri-Uri Budaya di Jawa Tengah

Rabu, 30 November 2022 | 12:53 WIB
header img
Kesenian tradisional wayang kulit. Foto: ist

BANJARNEGARA, iNewsSoloraya.id - Kesenian tradisional wayang kulit mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan  oleh anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Amin Makhsun dalam acara Dialog Budaya Media Tradisional dengan tema “Nguri Uri Kebudayaan Jawa Tengah”, di Desa Pagak, Kecamatan Purworejo Klampok, Banjarnegara, Sabtu (26/11/2022).

"Kesenian wayang kulit yang mengandung banyak ajaran, selalu disisipkan pesan budi pekerti melalui  simbol tokoh pewayangannya yang dimainkan sang dalang. Karena itu ia berharap masyarakat dapat mengambil pelajaran dari wayang." ujar Amin

Pembicara lainnya dalam dialog budaya itu adalah pegiat kesenian Sudarwo, yang tetap optimis bahwa  kesenian harus terus berinovasi agar tidak lekang oleh zaman, serta terus dilestarikan oleh generasi muda.

“Banyak inovasi-inovasi di Banjarnegara dan Jawa Tengah, saya ambil contoh di daerah  Dieng  ada pementasan Jazz di Atas Awan." ujar Sudarwo 

Sementara itu, Pemerhati Budaya Banjarnegara  Wahyu Kristianto mengatakan potensi masyarakat terhadap kesenian harus terus digali dan dipupuk, agar terus tumbuh. 

“Dengan begitu kesadaran masyarakat terhadap kesenian lokal akan terus bertambah dan tetap eksis di Banjarnegara..

Lebih lanjut, Wahyu Kristianto menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada Amin Maksun yang telah membantu pelaksanaan pementasan wayang kulit dan dialog budaya tersebut.

Selain dialog budaya juga digelar pementasan  wayang kulit dengan lakon "Pandawa Mbangun Praja" digelar di desa Pagak yang menarik perhatian masyarakat dan bersyukur bisa melihat pementasan wayang kulit.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut