get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Sebut Solo Memang Spesial

Pura Mangkunegaran Wakili Indonesia pada Parade Seni di Singapura

Sabtu, 11 Februari 2023 | 08:30 WIB
header img
Upaya pelestarian budaya terus dilakukan . Foto: iNewsSoloRaya

Singapura, iNewsSoloraya.id - Pura Mangkunegaran mengirim delegasi untuk mempertunjukkan kesenian asli Indonesia di parade seni Singapura, bernama Chingay Singapore 2023 pada 3-4 Februari 2023. Parade Chingay Singapore sudah ada sejak tahun 1973. Awalnya parade tersebut merupakan parade jalanan untuk merayakan tahun baru Imlek di Singapura. Saat ini Chingay Singapore merupakan salah satu pertunjukan jalanan dan parade terbesar di Asia yang menampilkan warna-warni kebudayaan masyarakat Singapura dan sekitarnya.

Dalam situs resmi, Pura Mangkunegaran mengatakan KGPAA Mangkunegara X dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo turut hadir dalam parade Chingay Singapore 2023.

Pengageng Kawedanan Panti Budaya Praja Mangkunegaran Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo mengatakan, Kemantren Langenpraja Praja Mangkunegaran, yang berada di bawah Pura Mangkunegaran,  mewakili Indonesia pada parade seni di Singapura itu.

"Tentu ini sebuah kebanggaan bagi (Pura) Mangkunegaran karena dipercaya oleh KBRI Singapura untuk mewakili Indonesia di kegiatan Chingay Singapore 2023," kata Marina, Jumat (10/2/2023).

Dijelaskan Marina, Kemantren Langenpraja Praja Mangkunegaran kesenian Langendriyan khas Mangkunegaran, yang diciptakan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro IV, yang menduduki tahta pada 1853-1881.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut