get app
inews
Aa Read Next : Bantu Korban Banjir, Gibran Pakai Dana Tak Terduga

Cegah Banjir, Balai Besar Sungai (BBWS) Bengawan Solo Tambah Kapasitas Pompa Air

Selasa, 21 Februari 2023 | 07:49 WIB
header img

Solo, iNewsSoloraya.id - Beberapa waktu yang lalu, sejumlah wilayah Kota Surakarta, Jawa Tengah, diterjang banjir. Bahkan, ribuan jiwa harus mengungsi ke tempat yang terhindar dari genangan banjir.

Dalam hal ini, Balai Besar Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Jawa Tengah (Jateng) bakal menambah kapasitas pompa air.

Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama menerangkan, terkait kejadian banjir di beberapa wilayah di Kota Solo pekan lalu, sebenarnya sudah ada upaya pemompaan dari BBWS bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Surakarta.

“Upaya kita dengan Dinas PUPR, kita punya 15 SPBU, 4 mobil PAM, itu yang kita kerahkan selama dua hari kemarin. Sahabat kota ada sepuluh SPBU di setiap lokasi,” kata dia, Senin (20/2/2023). 

Meski begitu, kata dia, hasil upaya tersebut kurang maksimal akibat tingginya curah hujan dan durasi hujan yang cukup lama pada Kamis (16/2).

“Kami hitung kapasitas dan produksi BBWS sekitar 22.000 liter/detik dan kota 2.000 liter/detik. Kami terus memompa air, alhamdulillah Sabtu pagi semuanya mulai kering,” terangnya. 

Maryadi mengatakan, pada tahun 2007-2016 tidak pernah terjadi banjir sebesar. Ia menyebut, pihaknya bersama Dirjen SDA sudah sepakat mengambil langkah antisipasi dengan evaluasi. 

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut