get app
inews
Aa Read Next : Mbak Ita Dorong Tersedianya Lahan Produktif di Kota Semarang

Kota Semarang Menjadi Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023

Kamis, 13 April 2023 | 21:13 WIB
header img
Pemerintah Kota Semarang Meraih Penghargaan Juara 1 Pembangunan Daerah di Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Foto: ist

SEMARANG, iNewsSoloraya.id - Pemerintah Kota Semarang menerima penghargaan bergengsi sebagai juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (13/4) sebagai apresiasi atas keseriusan Pemerintah Kota Semarang dalam menjalankan pembangunan.

Wali kota Semarang, Mbak Ita, yang menerima penghargaan tersebut dengan bangga, mengungkapkan bahwa tahun sebelumnya Kota Semarang tidak dapat ikut serta dalam kompetisi PPD karena telah tiga kali berturut-turut meraih juara. 

Mbak Ita juga berharap agar Kota Semarang dapat meraih penghargaan serupa sebagai juara pertama di tingkat nasional.

"Alhamdulillah hari ini saya mewakili Pemerintah Kota Semarang dan teman-teman semuanya menerima penghargaan PPD tahun 2023 yang pada tahun lalu Pemerintah Kota Semarang kan tidak diikutsertakan karena sudah tiga kali berturut-turut menjadi juara," tutur  mbak Ita, sapaan akrab wali kota usai menerima penghargaan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan, Semarang.

"Ini juga sedang proses (penilaian) di tingkat nasional mudah-mudahan nanti di tingkat nasional Kota Semarang bisa meraih lagi penghargaan sebagai juara pertama," imbuh wali kota perempuan pertama di ibu kota Jawa Tengah tersebut.

Lebih lanjut, Mbak Ita menjelaskan bahwa pemerintah Kota Semarang selalu mengikuti konsep bergerak bersama yang terkait dengan program-program prioritas pemerintah pusat dalam setiap perencanaan pembangunan. 

Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Semarang untuk ikut serta dalam keberhasilan program pemerintah pusat secara maksimal dalam membangun Kota Semarang.

"Perencanaan (pembangunan) di Kota Semarang ini ada benang merahnya dengan program-program yang menjadi instruksi dari bapak presiden. Ini bisa menjadi role model juga bagi daerah-daerah yang lain," kata Mbak Ita.

Pada acara tersebut, Kabupaten Temanggung meraih juara 1 PPD 2023 tingkat provinsi Jawa Tengah untuk kategori kabupaten. 

Selanjutnya, Kabupaten Temanggung dan Kota Semarang akan mewakili Jawa Tengah dalam kompetisi tingkat nasional.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengapresiasi capaian Kota Semarang dan yakin bahwa target pertumbuhan ekonomi Kota Semarang dapat mencapai angka 6. 

Ia juga menekankan bahwa capaian ini adalah hasil kerja sama antara seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah, serta mencerminkan karakteristik kota yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi.

"Jadi akumulasi seluruh kesuksesan itu dari seluruh kabupaten dan kota juga. Target pertumbuhan ekonomi kota Semarang mungkin bisa sampai di angka 6. Angka IPM Kota Semarang tinggi. Ini adalah ciri-ciri (karakteristik) kota," pungkas Ganjar.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut