get app
inews
Aa Read Next : Cari Ikan, Rohiman Tewas Tenggelam di Waduk Wadaslintang Wonosobo

Bimtek SAR Semarang, Peningkatan Kompetensi Rescuer di Lingkungan Gunung dan Hutan

Selasa, 14 November 2023 | 15:08 WIB
header img
Kantor SAR Semarang adakan Bimtek Pencarian dan Pertolongan di lingkungan gunung dan hutan. Foto: ist

Wonosobo, iNewsSoloraya.id - Kantor SAR Semarang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencarian dan Pertolongan di lingkungan gunung dan hutan untuk pranata Pencarian dan Pertolongan (rescuer) di Basarnas Pos SAR Kabupaten Wonosobo, pada Selasa (14/11/23).

Bimtek ini berlangsung selama 5 hari, dimulai dari Senin, 13 November hingga 17 November 2023, dengan lokasi di ruang rapat Pos SAR Wonosobo dan lapangan di Gunung Kembang. Partisipan terdiri dari 30 orang peserta dan 5 instruktur dari Basarnas Semarang.

Heru Suhartanto, Kepala Kantor SAR Semarang, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi di bidang Search dan Rescue di lingkungan gunung dan hutan. Selain peningkatan kompetensi, Bimtek ini juga bertujuan memberikan kekuatan mental kepada para peserta.

"Kegiatan bimtek bertujuan peningkatan kompetensi di bidang Search dan Rescue di gunung hutan. Selain peningkatan kompetensix bimtek ini juga untuk memberikan kekuatan mental pada diri kita," kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto. 

Heru Suhartanto juga menyampaikan apresiasinya kepada instruktur, mengingatkan mereka untuk memberikan materi pengetahuan dan keterampilan kepada peserta secara profesional dan berkualitas. Ia juga menekankan pentingnya mengikuti prosedur keamanan dan menjaga kesehatan selama pelaksanaan Bimtek.

Beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini mencakup praktek navigasi darat, komunikasi lapangan, manajemen posko, Explore SAR, penggunaan GPS, penanganan tandu darurat, dan simulasi pencarian dan pertolongan.

"Semoga kegiatan bimtek ini dapat perlindungan tuhan yang maha Esa dan bermanfaat bagi diri kita dan masyarakat yang membutuhkan," tutupnya.
 

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut