get app
inews
Aa Read Next : ASN yang Akan Maju Dalam Pilkada Harus Mendapatkan Ijin Dari Pimpinan, Atau Mengundurkan Diri

Optimalkan Pembinaan Narapidana, Kepala Rutan Salatiga Silaturahmi dengan Pemda dan DPRD

Selasa, 14 November 2023 | 15:28 WIB
header img
Kepala Rutan Salatiga Silaturahmi dengan Sekretaris Daerah, dan Ketua DPRD Kota Salatiga. Foto: ist

Salatiga, iNewsSoloraya.id - Upaya peningkatan kualitas pembinaan dan pelayanan kepada narapidana (Napi) di Rutan Kelas IIB Salatiga menjadi momentum penting dengan silaturahmi antara Kepala Rutan, Redy Agian, Sekretaris Daerah, dan Ketua DPRD Kota Salatiga.

Dalam pertemuan ini, Kepala Rutan Salatiga, Redy Agian, yang baru menjabat beberapa hari lalu, didampingi oleh pejabat struktural dan staf rutan yang juga sebagai bentuk laporan 'ketok pintu' kepada pimpinan daerah.

"Kami sowan ke pimpinan daerah ini sebagai bentuk silaturahmi sekaligus upaya meningkatkan program pembinaan kepada WBP, dimana kami laporkan program - program kami untuk mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Daerah," ujarnya, Senin (13/11).

Redy menjelaskan bahwa salah satu program terdekat adalah pengembangan hafidz Quran dan pelatihan soft skill serta hard skill. Ia menyatakan apresiasi terhadap dukungan Pemerintah Daerah, khususnya dari Ibu Sekretaris Daerah, terhadap program-program tersebut.

"Program terdekat kali ini memunculkan hafidz Quran dan pelatihan - pelatihan baik soft skill ataupun hard skill yang ternyata Pemerintah melalui Ibu Sekda sangat mendukung program tersebut sehingga walaupun Rutan sebagai instansi vertikal tetapi dukungan dari pemda ini sangat penting," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Wuri Pujiastuti, menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terhadap program pembinaan yang dilakukan oleh Rutan. Nantinya akan segera mengkoordinasikan dan mengakomodir dukungan dari dinas atau bagian terkait guna mensukseskan program pembinaan bagi narapidana.

"Kami akan mengkoordinasikan dan mengakomodir dengan dinas atau bagian terkait, untuk memberikan support dan menyukseskan program pembinaan yang positif bagi napi," ucapnya.

Wuri, yang didampingi oleh staf ahli, berharap bahwa melalui program pembinaan yang baik, narapidana dapat memperoleh bekal yang cukup sehingga potensi pelanggaran hukum dapat diminimalisir.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, yang menyatakan kesiapannya untuk mendukung penuh program pembinaan Rutan Salatiga. Dance mengungkapkan dukungan terhadap program literasi digital yang akan diperkuat oleh Pemerintah Daerah.

"Kami sangat mendukung penuh program dari Rutan, termasuk dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah menggenjot program literasi digital yang ternyata sejalan dengan apa yang sudah berjalan di Rutan," ujarnya.

Dance menekankan bahwa saat ini Kota Salatiga berada dalam nominasi Kota Kreatif UNESCO, dan Rutan memiliki peran penting dalam pencapaian tersebut.

"Dengan hadirnya perpus keliling bagi WBP dan nanti adanya inovasi baru, menjadi bagian penting upaya meningkatkan minat baca dan memperluas wawasan bagi napi, sehingga menjadi langkah yang positif," jelasnya.

Dance dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Karutan Salatiga dengan dukungan dari Pemerintah Daerah dan DPRD. Ia melihat ini sebagai langkah penting untuk meminimalisir potensi pengulangan tindak pidana dan menciptakan narapidana yang produktif dengan keterampilan yang dapat diterapkan di masa depan.

"Kami siap mendukung penuh program Karutan, dengan support dari Pemda maupun DPRD menjadi salah satu langkah meminimalisir adanya pengulangan tindak pidana dan menciptakan napi yang produktif dan mempunyai skill nantinya," pungkasnya.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut