get app
inews
Aa Read Next : Semangat Habis Gelap Terbitlah Terang Dari Amicus Curiae Megawati

Pers Rilis Akhir Tahun 2023, Ini Komitmen Polda Jateng di Tahun 2024

Jum'at, 29 Desember 2023 | 20:19 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Waka Polda Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Kombes Pol. Satake Bayu Setianto dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jawa Tengah Dr. Teguh Hadi Prayitno. Foto: ist

Semarang, iNewsSoloraya.id - Untuk memberikan gambaran kegiatan kepolisian yang telah dilakukan selama tahun 2023, Polda Jateng menggelar kegiatan Press Rilis Akhir Tahun 2023 yang diselenggarakan di Gedung Borobudur Mapolda Jateng pada Jumat, (29/12/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Waka Polda Brigjen Pol Agus Suryonugroho dan seluruh PJU Polda Jateng. 

Turut hadir Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jawa Tengah Dr. Teguh Hadi Prayitno, pimpinan Media Massa dan para wartawan  yang tergabung dalam Media Mitra Polda Jateng.

Mengawali sambutannya, Kapolda memberikan apresiasi dan mengucap terimakasih kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah, TNI dan pemerintah yang telah membantu terciptanya harkamtibmas di Jawa Tengah sepanjang tahun 2023.

“Telah banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh Polda Jateng. Hal tersebut tidak akan terwujud tanpa dukungan dari seluruh stakeholder terkait dan peran serta media massa yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan Polri khususnya Polda Jateng,” tutur Kapolda.

Kapolda berkomitmen di Tahun 2024 mendatang pihaknya siap mewujudkan pemilu yang damai dan lebih baik memberikan pelayanan serta pengabdian yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga diungkapkan gambaran secara umum situasi Kamtibmas di wilayah Jawa Tengah yang terbagi dalam berbagai aspek yaitu Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Keamanan.

“Terkait dinamika kamtibmas di wilayah Jateng mengalami peningkatan sebagai imbas meningkatnya situasi politik di masa kampanye Pemilu 2024. Untuk mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai, Polda Jateng menggelar Operasi Mantap Brata guna mengamankan Pilpres 2024 yang akan dilanjutkan Operasi Mantap Praja terkait Pilkada di wilayah,” ujarnya.

Meningkatnya dinamika masyarakat tersebut juga membuat kejadian kriminalitas baik umum maupun khusus mengalami peningkatan diantaranya premanisme, penipuan, pemerasan, serta kejahatan di bidang Cyber dengan modus yang berubah-ubah.

Untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat, Kapolda telah memerintahkan jajarannya untuk upaya penegakan hukum dan memberikan tindakan tegas terukur bagi para pelaku kejahatan.

“Saya ingin para pelaku kejahatan tidak ada ruang untuk melakukan aksinya di wilayah Jawa Tengah,” tegasnya.

Pihaknya juga menegaskan komitmen untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap 5 proyek strategis nasional di wilayah Jawa Tengah yaitu Tol Solo – Jogja, Tol Bawen – Jogja, Tol Semarang – Demak, Bendungan Bener dan Bendungan Jragung.

Kapolda menyampaikan bahwa jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di sepanjang 2023 mencapai 4.127 jiwa. Jumlah korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama 2023 itu menurun dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 4.390 jiwa.

Sementara secara keseluruhan, di Jawa Tengah terjadi 31.233 kasus kecelakaan lalu lintas yang tersebar di berbagai wilayah sepanjang 2023.

Kapolda meminta jajarannya melakukan upaya preemtif, preventif, dan penegakan hukum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

"Dirlantas harus bisa membuat terobosan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian di Jawa Tengah pada tahun 2024, Kapolda menuturkan akan mengedepankan sinergitas antar satuan Forkopimda dan TNI secara tegas, humanis dan merakyat.

Guna terwujudnya komitmen tersebut, Kapolda memohon dukungan doa dan pengawasan kepada seluruh masyarakat Forkompimda Provinsi Jawa Tengah, tokoh, aktivis, LSM, Ormas, Buruh, Mahasiswa, dan segenap elemen masyarakat lainnya sehingga Polda Jateng mampu menjadi Polri yang Presisi.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut