Mendag Zulkifli Hasan: Harga Minyak Goreng Curah di Wilayah Jawa-Bali Rp14.000 per Liter

Ikhsan Permana SP
Minyak goreng curah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Mendag Zulkifli Hasan mengatakan harga minyak goreng curah rakyat (MGCR) di wilayah Jawa-Bali sudah berada di harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter. 

"Jawa-Bali hari ini tanggal 5 bulan Juli, paling tinggi Rp14.000 bahkan ada yang berani pakai kemasan jualnya tetap Rp14.000. Artinya Jawa-Bali sudah aman, baik harga, stok, dan persediaan. Semua terjangkau, orang tidak berebut lagi karena rata-rata sudah Rp14.000 baik yang curah pakai plastik ataupun dikemas," kata Zulkifli Hasan, saat kunjungan ke Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022). 

Dia mengungkapkan, masih ada beberapa tempat di rata-rata nasional yang harganya masih mencapai Rp15.000, antara lain di Papua dengan rata-rata Rp20.000.  Mendag menyampaikan, minyak goreng curah di wilayah Papua dan Maluku masih tinggi karena ada masalah logistik. Ia mengakui kalau belum bisa mengatasi masalah pengiriman tersebut. 

"Papua, Maluku memang kita ada masalah logistik, ongkosnya mahal kirim, apalagi minyak ini kan berat ya. Jadi memang masalah logistik untuk Papua dan Maluku belum bisa kami atasi" ujar Zulkifli. 

Untuk mengatasi hal itu, Mendag mengatakan akan mengupayakan minyak goreng curah dengan kemasan sederhana, agar proses pengirimannya bisa lebih mudah. Namun ia memastikan bahwa untuk wilayah Jawa, Bali, dan sebagian Sumatera harga minyak goreng curah sudah Rp14.000. 

"Jawa, Bali, Sumatera rata-rata sudah Rp14.000, everywhere, dimana-mana," tutur Zulkifli.

Editor : zainal arifin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network