get app
inews
Aa Read Next : Tidak Mampu Lunasi Biaya Bipih 2023, Empat Calon Jemaah Haji di Karanganyar Tunda Keberangkatan

Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Diimbau Tak Langsung Temui Kerabat untuk Cegah Covid-19

Selasa, 12 Juli 2022 | 09:59 WIB
header img
Ilustrasi jemaah haji Indonesia . Foto: MPI

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Jemaah Haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air dimulai Kloter pertama pada 15 Juli 2022 dan ada empat embarkasi yang akan mengawali fase pemulangan ini.

Kloter itu yakni kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC). 

Keluarga atau kerabat jemaah haji diminta tetap memenuhi protokol kesehatan secara ketat saat melakukan penjemputan. 

"Ini harus kita lakukan sosialisasi dan edukasi kepada mereka supaya tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Dir. Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Susari, dikutip dalam laman resmi Kemenag, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya terdapat dua titik berpotensi dalam penyebaran Covid-19. Pertama, saat penjemputan jemaah haji oleh keluarga atau kerabat. 

"Sudah menjadi tradisi bahwa yang menjemput seorang jemaah haji tidak hanya satu orang, bisa dua, tiga, empat, bahkan lebih. Andai kata satu orang dijemput oleh 2-3 mobil, satu mobil berisi 4-5 orang, bisa dilihat berapa orang yang akan berkerumun disitu," kata dia. 

"Kedua, nanti waktu pulang, juga sudah menjadi tradisi kerabat dan saudara jemaah haji akan berdatangan dan berinteraksi," tuturnya lagi. 

Dengan demikian, apabila ditemukan gejala Covid-19 pada jemaah haji,kata Susari maka keluarga yang bersangkutan dianjurkan untuk tidak mengunjungi dahulu jemaah haji tersebut.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Yudhi Pramono menyampaikan bahwa Kemenkes telah menyiapkan posko kesehatan di setiap bandara kepulangan jemaah haji Indonesia. 

Kemenkes pun juga sudah menyiapkan ambulans dan rumah sakit bila ditemukan jemaah haji dalam keadaan darurat kesehatan. 

"Kemudian di asrama haji, kami juga siapkan tim untuk memeriksa jemaah haji yang baru datang. Jadi mereka akan melakukan screening secara menyeluruh," kata Yudhi.

Editor : zainal arifin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut