get app
inews
Aa Read Next : Tidak Mampu Lunasi Biaya Bipih 2023, Empat Calon Jemaah Haji di Karanganyar Tunda Keberangkatan

Air Zamzam 5 Liter Akan Dibagikan Saat Jemaah Haji Tiba di Asrama Haji

Kamis, 14 Juli 2022 | 14:22 WIB
header img
Ribuan galon air zamzam untuk jemaah haji. (foto ilustrasi/banjirembun).

JAKARTA, iNewsSoloraya.id - Setiap jemaah haji yang pulang ke tanah air akan mendapatkan air zamzam. Satu galon air zamzam kapasitas lima liter dibagikan di asrama haji debarkasi masing-masing.

"Setiap jemaah berhak mendapatkan satu galon zamzam berisi 5 liter yang akan dibagikan saat tiba di asrama haji debarkasi masing-masing," kata Plh Kepala Biro HDI Kemenag, Wawan Djunaedi dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Kamis,(14/07/2022). 

Kemudian pemerintah Indonesia, kata Wawan kembali mengimbau kepada jemaah agar selalu memperhatikan kembali seluruh rangkaian ibadah rukun maupun wajib haji dan mematuhi ketentuan barang bawaan. 

"Tidak berusaha memasukkan air zamzam ke tas bagasi dan tas lainnya dengan cara apapun yang tidak diperbolehkan dan mengecek kembali paspor dan kelengkapan yang lain," ujarnya.

Kepada keluarga jemaah yang akan menjemput di asrama haji debarkasi, Wawan juga mengimbau agar mereka selalu menerapkan protokol kesehatan. Baik di antaranya menghindari kerumunan, selalu memakai masker dengan benar dan selalu mencuci tangan sesering mungkin. 

Selain itu, Wawan turut melaporkan jemaah wafat bertambah 5 orang atas nama Esabuba Mahfud (57) nomor paspor C115367 asal Embarkasi Makkasar/UPG 11, Muhammad Yasin (64) nomor paspor C5262323 asal Embarkasi Surabaya/SUB 33.

Kemudian Siti Aminah (62) nomor paspor C5564564 asal Embarkasi Surabaya/SUB 28, Tuwongko (63) nomor paspor C6692869 asal Embarkasi Batam/BTH 05, dan Sri Banun kartawi (57) nomor paspor C6001452 asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede/JKG 23.

"Sehingga jumlah jemaah wafat Sampai hari ini sebanyak 47 orang," kata dia. 

Di sisi lain, terdapat 102 jemaah sakit yang dirawat, terdiri atas 75 jemaah di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 27 jemaah di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). 

"Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan baik lancar dan tertib dan jemaah haji Indonesia dapat beribadah dengan aman dan nyaman," katanya.

Editor : zainal arifin

Follow Berita iNews Soloraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut